Jerawat bisa muncul kapan saja tanpa memandang usia atau jenis kelamin. Biasanya di saat usia remajalah kulit wajah rentan dengan Masalah jerawat. Mari kita lihat beberapa cara dasar perawatan kulit secara teratur :

1. Jaga kebersihan wajah

Basuh wajah maksimal 2x sehari ini rutin dilakukan pada pagi dan malam hari, setelah di basuh gunakan sabun pencuci muka yang sesuai dengan jenis kulit anda. Kemudian basuhlah menggunakan air hangat, hindari penggunaan Waslap atau Spons khusus untuk wajah, karna akan membuat kulit wajah menjadi iritasi. Keringkan wajah anda dengan handuk bersih tepuk-tepuk secara perlahan.

Setelah itu, jauhkan tangan Anda dari wajah. Ini mungkin sedikit sulit untuk tidak di lakukan tetapi di saat Anda sendirian biasanya sangat sering menyentuh wajah anda, anda harus bisa menahan godaan untuk tidak menyentuhnya.

2. Lembabkan wajah

Gunakan masker mentimun ini bisa anda buat sendiri di rumah dengan cara haluskan mentimun ukuran sedang kemudian tambahkan satu cangkir susu, lalu Oleskan dengan kapas. Ramuan ini bisa melembabkan kulit Anda. Diamkan 5 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lalu basuh kembali dengan air dingin agar pori-pori tertutup dan keringkan dengan handuk bersih. Ini akan memberikan kulit tampilan yang segar dan bersih.

3. Telitilah Membeli Produk Yang di Jual Bebas

Sebagian besar produk jerawat mengandung bahan seperti Benzoil peroksida,asam salisilat,asam glikolat dan asam laktat. Bahan ini mencegah bakteri namun bahan ini membuat kulit anda menjadi kering.

4. Hindari Make-up Tebal

Kebanyakan ahli setuju bahwa apa pun yang berlebihan itu tidaklah baik. Seperti menggunakan riasan wajah atau make- up tebal setiap hari dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan produksi minyak menjadi berlebih.

5. Lindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Paparan sinar matahari dapat meningkatkan peradangan dan kemerahan pada kulit hingga menyebabkan jerawat. Hindari sengatan matahari diatas jam 10 pagi. Oleskan tabir Surya dengan SPF 30 minimal 2 jam sekali untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

6. Nutrisi Kulit

Hindari makanan yang bisa melebarkan pembuluh darah. termasuk minuman panas, alkohol serta makanan pedas. Apa pun yang bisa mengubah kulit Anda menjadi merah, itu membuat wajah anda menjadi meradang dan bisa menimbulkan jerawat. Makan-makan lah dengan makanan yang tepat yang bisa menutrisi kulit wajah anda. Seperti sayuran, buah-buahan segar atau biji-bijian agar kulit lebih sehat, cantik, dan terawat.

7. Rutinlah Berolahraga

Keringat yang muncul bisa membersihkan pori-pori yang tersumbat oleh minyak yang menempel di wajah anda

8. Hindari Stres

Para ahli mengkaitkan stres dengan munculnya jerawat. Semakin tinggi tingkat stres, semakin berpotensi besar menghadapi resiko kulit berjerawat karena hormon kortisol yang berlebihan. Jadi buatlah hidup anda senyaman mungkin agar terhindar dari stres yang berlebihan.

Demikianlah tips merawat kulit remaja yang rentan dengan jerawat, Perlu dipahami juga Keberhasilan di dasari oleh komitmen dan menjalankan semua tips dengan baik.