Di era digital seperti ini bukanlah perkara mudah menjadi orang tua, apalagi semakin maraknya penggunaan gadget di tengah-tengah masyarakat. Penyebabnya sangat beragam, mulai dari konten yang terlalu bebas sehingga membuat anak-anak bisa mendapatkan sesuatu yang tidak sesuai dengan usianya. Atau hal lain seperti ada orang yang tidak bertanggungjawab dan bisa membahayakan anak, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Banyak sekali orang tua tidak menyadari bahwa dampak dari gadget akan terlihat setelah sekian lama kemudian. Misalnya tidak fokus di sekolah, atau kecanduan bermain game dapat mengganggu proses sosialisasi anak kepada lingkungan sekitar. Jadi, apa yang harus kita lakukan sebagai orang tua untuk membantu anak-anak kita untuk menghadapi era media sosial modern dengan lebih baik?

Kita sebagai orangtua bisa menangani berbagai hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar orang tua lebih bijak dan mampu mengawasi kegiatan anak-anak saat menggunakan perangkat digital mereka.

~ Rajin lah Membangun Hubungan Baik Bersama Anak

Orang tua harus menjadi orang yang selalu mereka percayai, apapun Masalah yang menimpa, Jika anak mempunyai kesalahan jangan Mempermalukan mereka di depan umum apalagi dimedia sosial. Hal itu akan selamanya menghancurkan kepercayaan antara seorang anak dan orang tua.

Tahukah kalian bagaimana membuat anak percaya kepada orang tuanya?
Dengan cara melakukan percakapan empat mata yang jujur dengan mereka tentang apa yang mereka lakukan. Jelaskan dengan benar, Mengapa itu salah. Berikan jalan keluar untuk sang anak menyelesaikan kesalahan yang telah di lakukan. Posisikan diri kita seolah sebagai sahabat agar anak senantiasa lebih leluasa bercerita.

Ini akan membangun kepercayaan anak terhadap orang tua nya. agar masing-masing juga bisa sedikit mengenal karakter secara perlahan, meski anak masih kecil, ajak lah sang anak untuk mengobrol, agar sedikit banyak orangtua mengetahui bagaimana pola pikir dan karakter sang anak. Ciptakan hubungan baik antara anak dan orang tua, dan Ciptakan karakter anak menuju pola pikir yang lebih baik lagi.

~ Tidak Membiarkan Anak fokus Kepada Gadget

Sekarang ini kita sering melihat ada anak yang usianya masih 2 tahun sudah betah berlama-lama dengan gadget, hal ini adalah akibat dari sikap orang tuanya yang telah mengizinkan anak untuk bermain gadget seharian. Alasan sederhananya yaitu agar orangtuanya bisa bebas beraktivitas.

Dengan bermodalkan gadget yang sudah dipasang berbagai jenis game yang menarik, agar bisa membuat anaknya tidak rewel. Ini adalah cara yang salah. Sebagai solusinya, buatlah sebuah aturan, agar anak mengenal tata cara aturan dan tata krama di dunia maya.

Misalnya, orang tua bisa mengizinkan anak membuat akun sosial media, setelah usianya sudah genap 17 tahun. dan selain itu, jika di gunakan untuk bermain game selalu terapkan aturan batasan kapan harus berhenti untuk bermain game.

Anak usia 4-5 tahun sudah bisa diajak berdiskusi. Maka, cobalah untuk saling membicarakan menyepakati aturan dalam penggunaan perangkat digital. Idealnya pada anak usia 4-5 tahun diizinkan menggunakan gadget selama 2-4 jam perhari. Sisanya sebagai orang tua bisa membantu memfokuskan untuk berkomunikasi atau bercanda gurau dengan keluarga atau bisa bermain di luar rumah. Hal ini bisa membantu anak menjadi mandiri.

Nah itulah tips yang bisa orang tua lakukan untuk bisa mendidik anak agar tidak ketergantungan terhadap Gadget, Sehingga anak kita bisa menjalankan kehidupan sehari-hari dengan hal yang positif. Semoga bermanfaat terimkasih