Selalu menjaga keselamatan dalam pekerjaan merupakan bagian terpenting yang harus kita lakukan. Sementara banyak orang setiap hari mengkhawatirkan kecelakaan lalu lintas dan kejadian tak terduga yang terjadi di rumah, kebanyakan orang tidak tahu bahwa sebagian besar kecelakaan sebenarnya terjadi di tempat kerja.

Meskipun ini mungkin cukup jelas dalam pekerjaan di mana alat berat digunakan, ini juga berlaku untuk pekerjaan kantoran di mana praktik yang tidak tepat dapat menyebabkan kecelakaan.

Maka dari itu, selalu berhati-hati dalam melakukan kegiatan dalam menjalankan aktivitas pekerjaan, sehingga resiko kecelakaan ditempat Anda bekerja bisa di hindari. Pada umumnya, resiko kecelakaan biasa terjadi dikawasan indusri yang berhubungan langsung dengan mesin produksi, bahkan untuk pengemudi sekalipun tidak luput dari resiko kecelakaan.

Karena pemberi kerja mungkin mengalami pengeluaran yang besar karena karyawannya terluka saat bekerja karena kompensasi dan produktivitas yang berkurang, penting untuk mencoba mengurangi kecelakaan sebanyak mungkin. Langkah pertama dalam mengurangi jumlah kecelakaan di tempat kerja Anda adalah mengidentifikasi jenis-jenis faktor risiko dan menghilangkannya sebanyak mungkin.

Saat menyebutkan deskripsi pekerjaan, pahami jenis orang yang Anda butuhkan untuk mengisi pekerjaan itu. Seseorang yang tidak berpengalaman dan / atau tidak terampil lebih mungkin membuat kesalahan.

Anda juga harus memiliki pedoman keselamatan yang dikembangkan untuk pekerja Anda sehingga mereka tahu bagaimana harus bereaksi jika terjadi keadaan darurat. Mintalah karyawan Anda untuk proaktif dalam menemukan dan memperbaiki situasi di mana bisa terjadi kecelakaan.

Saat terjadi kecelakaan, perlakukan itu sebagai kesalahan kinerja sehingga karyawan didorong untuk menguranginya. Anda juga harus memiliki program manajemen keselamatan untuk karyawan Anda, dan harus melatih semua supervisor dan manajer dalam manajemen konfrontasi.

Jika Anda memiliki angkatan kerja yang buta huruf atau multibahasa, maka tingkatkan pendidikan mereka dengan mengembangkan program untuk mereka, atau memiliki program multibahasa agar setiap orang dapat saling memahami. Anda juga harus menghapus semua pekerjaan monoton dari tempat kerja Anda karena ini memiliki risiko paling tinggi menyebabkan kecelakaan.

Setelah Anda mengembangkan cara untuk mengurangi kecelakaan, Anda harus meminta manajer Anda mempelajari bagaimana mereka harus menangani kecelakaan dan keadaan darurat setelah dan kapan terjadi. Anda harus memiliki program keselamatan kerja berkala untuk mengingatkan pekerja Anda tentang protokol keselamatan sehingga mereka tidak melupakannya, dan pastikan Anda menjalankan latihan setiap beberapa bulan.

Program keselamatan apa pun yang Anda luncurkan harus mendapat dukungan dari manajemen yang lebih tinggi. Anda juga harus memastikan bahwa orang yang melamar pekerjaan tertentu melalui ujian fisik untuk memastikan mereka cukup fit untuk bekerja di posisi itu. Karyawan baru Anda juga harus mendapatkan informasi tertulis tentang protokol keselamatan untuk pengetahuan mereka.

Di tempat kerja Anda, Anda juga harus memiliki komite keselamatan yang dapat menegakkan aturan baru, dan juga harus menerima masukan dari pekerja Anda. Komite ini juga harus memastikan bahwa tempat kerja diinspeksi secara berkala untuk memastikan keamanan bagi pekerja.

Harus ada juga tujuan untuk pengurangan kecelakaan, dan kemajuan ke arah ini harus dipantau secara ketat dengan tim dan individu berkinerja tinggi yang diberi penghargaan. Untuk karyawan yang mengalami cidera, Anda harus memiliki program agar mereka dapat kembali bekerja lebih cepat dengan memodifikasi pekerjaannya untuk sementara waktu. Tingkat kesadaran pekerja juga harus ditingkatkan.

Terakhir, Anda harus memiliki kotak P3K dan sistem respons setiap saat jika terjadi kecelakaan. Orang yang memiliki otoritas harus tahu bagaimana menggunakan ini dan menangani situasi. Selain itu kenali medan Anda dalam bekerja dan jangan pernah meremehkan bahaya serta gunakan safety dalam bekerja.