Menjadi orang tua adalah suatu pekerjaan yang berlaku sepanjang hidup anda, hubungan antara orang tua dan anak berperan penting dalam kehidupan seseorang. Salah satu ikatan paling pertama yang dimiliki seorang anak adalah hubungan dengan orang tua. Hal ini menjadi patokan untuk hubungan dengan orang lain di kemudian hari.

Hubungan positif yang terjalin antara orang tua dan anak akan menumbuhkan kemandirian, rasa ingin tahu, membentuk harga diri anak, dan mampu membuat keputusan dan mengambil keputusan yang lebih baik bagi sang anak. Selain itu jangan lupa sebagai orang tua selalu menyelaraskan hubungan orang tua dan anak seiring bertambahnya usia.

Ada beberapa metode yang dapat Anda coba agar hubungan Anda bersama anak Anda menjadi baik.

Hal terpenting yang dapat orangtua berikan kepada anak adalah sebuah Waktu. Sangat Penting bagi orang tua untuk selalu mendampingi sang anak pada saat anak membutuhkan anda. Tidak melulu soal uang, perhatian, ataupun hadiah dalam bentuk apa pun yang dapat Anda berikan kepadanya namun tidak akan pernah dapat menggantikan waktu yang seharusnya Anda habiskan bersamanya.

Hal yang dapat membantu anda selanjutnya dalam hal ini adalah Tempatkan diri Anda sebagai orang tua untuk selalu berinteraksi pada tingkat yang sama dengan anak atau menyesuaikan diri dengan tingkatan umur anak. ini dapat membuat hubungan Antara orang tua dan anak terjalin dengan baik, melalui interaksi inilah anak merasa dekat dengan orang tua nya dan merasa di perhatikan.

Jika anak anda berusia balita maka duduk lah di lantai bersama nya , bermain bersamanya dengan menyusun sebuah balok mainan. Namun jika anak anda memasuki usia remaja tempatkan lah diri anda di posisi nya. Percakapan seperti ini akan lebih mudah terjalin kedekatan bersama sang anak.

Selanjutnya, Selalu mendengarkan pendapat sang anak dengan penuh perhatian dan selalu hargai pendapat nya. Jika sang anak sulit untuk mengartikulasikan emosi yang kompleks yang sedang di alaminya , maka bantulah sang anak untuk menemukan bahasa atau kalimat yang tepat untuk dapat mengungkapkan perasaannya.

Sebagai Orang tua, kalian adalah satu tim dalam membesarkan anak-anak. Sebagai satu tim Jangan pernah berdebat di depan anak, tentang bagaimana metode mengasuh anak, ini hanya akan menimbulkan konflik dalam pikiran sang anak.

Jika anda dan pasangan tidak setuju tentang teknik metode nya, bicarakan dengan pasangan Anda secara pribadi, yang jauh dari jangkauan dan pendengaran sang anak. Dan Jangan pernah menyalahkan satu sama lain jika sang anak melakukan hal yang tidak baik.

Jika anak Anda banyak berbicara dan bercerita tentang teman-temannya, maka luangkan waktu untuk mempelajari karakter teman-temannya dan bertemu orang tua dari teman-temannya. Ini sangat membantu Anda lebih terlibat dengan kehidupan sosialnya dan juga mempelajari aktivitas sosialnya. Hal ini akan membuat Anda lebih memahami tentang keperibadianya dan perasaannya tentang hal-hal tertentu.

Waktu yang Anda luangkan bersamanya haruslah waktu yang dinikmati oleh anak Anda. Temukan hal yang membuat anak menjadi senang dan lakukan hal tersebut bersama-sama dengan anak Anda. Seperti pergi ketaman bermain atau piknik di taman.

Anak-anak biasanya memiliki ingatan terbaik tentang hal-hal yang pernah mereka lakukan. Jadi, Anda sebagai orang tua harus membuat kenangan sebanyak mungkin. Karena waktu tidak akan bisa di putar kembali.

Anak-anak adalah pemerhati dan pendengar yang hebat, sebaiknya orang tua harus selalu berupaya melakukan dan mengucapkan sesuatu dengan baik di depan sang anak. Anak-anak sangat mudah dipengaruhi, meskipun Anda mungkin tidak bermaksud demikian, anak-anak akan meniru perilaku dan sikap orang tuanya.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memberi contoh perilaku dan kebiasaan yang baik. Jika Anda memperlakukan orang lain dengan hormat, maka anak Anda akan belajar memperlakukan orang lain dengan cara yang sama.

Saran ini dapat membantu mengembangkan hubungan positif yang Anda inginkan antara orang tua dan anak. Terapkan teknik-teknik ini pada keterampilan mengasuh dan membimbing anak Anda, dan Anda akan melihat peningkatan dalam hubungan Anda dengannya.