Mempersiapkan segala kebutuhan buah hati yang akan lahir dalam waktu dekat memang sebaiknya dilakukan dengan penuh pertimbangan. Ada sekian banyak perlengkapan bayi yang harus disediakan untuk menjaga bayi tetap nyaman sekaligus memenuhi kebutuhannya.

Saking banyaknya jenis perlengkapan tersebut membutuhkan kesiapan dana yang mencukupi, dimana lumayan besar. Jika tidak dipersiapkan sejak awal masa kehamilan maka bisa jadi kebutuhan akan perlengkapan tersebut tidak bisa dipenuhi.

Bagi para orangtua yang memiliki kesiapan dana tentunya tidak akan menghadapi masalah yang berarti guna memenuhi kebutuhan si kecil. Namun kondisi sebaliknya akan terjadi kepada para orangtua yang kemampuan finansialnya tidak terlalu mendukung.

Meski begitu Kita tetap bisa memutar otak sedikit dengan jalan menghemat pembelanjaan berbagai perlengkapan si kecil. Ada beberapa hal atau upaya sederhana yang bisa membantu belanja kebutuhan satu ini bisa lebih bersahabat di kantong, caranya adalah:

1. Biasakan untuk membuat daftar,

Ketika hendak pergi keluar rumah untuk berbelanja aneka kebutuhan perlengkapan bayi maka sebaiknya membuat catatan daftar belanja. Pembuatan daftar belanja ini memberikan banyak keuntungan dan bisa menjadikan belanja lebih terstruktur.

Awali dengan mengecek kesediaan uang yang bisa dimanfaatkan untuk belanja kebutuhan si kecil. Kemudian ketahui apa saja yang harus segera dibeli sehingga saat tiba di tempat belanja sudah tahu benar harus mengambil apa dan memperkirakan akan membutuhkan dana berapa. Pahami dengan baik mana jenis keperluan yang harus diprioritaskan dan yang tidak sehingga dana yang keluar sepadan.

2. Jumlah belanjaan menyesuaikan dengan kebutuhan,

Perlengkapan untuk si kecil memang banyak jenisnya dan sekaligus banyak jumlahnya, semisal untuk popok ataupun pakaian. Pembeliannya tidak bisa dalam jumlah yang pas harus ada sela atau membelanjakan lebih dari kebutuhan sebenarnya. Hal ini karena saat masih bayi intensitas untuk buang air kecil akan lebih sering, apalagi jika masih usia 0-3 bulan.

Usia tersebut membuat si kecil nyaris setiap jamnya buang air kecil, sehingga membutuhkan popok dan baju dalam jumlah yang lumayan banyak. Meski memerlukan banyak usahakan untuk membeli jumlah popok dan keperluan lainnya sesuai dengan kebutuhan.

3. Ukuran untuk baju sebaiknya lebih besar dari seharusnya,

Pertumbuhan pada bayi sejak usia 0 hingga 1 tahun akan berlangsung sangat cepat, sehingga untuk menghemat anggaran belanja. Ada baiknya memilih ukuran celana, baju, dan lain sebagainya sedikit lebih besar atau paling tidak satu nomor di atas ukuran aslinya.

Hal ini penting agar tidak setiap saat membeli perlengkapan bayi baru yang pada akhirnya justru membuat keuangan semakin boros. Ukuran yang lebih besar akan mampu menyesuaikan dengan pertumbuhan si kecil yang lumayan cepat sekaligus memberikan kenyamanan bagi si kecil sepanjang hari.