Sekarang ini, banyak kita jumpai mainan anak yang di jual di berbagai tempat, baik di toko mainan maupun di berbagai toko online dengan berbagai macam dan jenis yang dapat dipilih sesuai dengan selera. Akan tetapi sebagai orang tua yang baik dan cerdas, selalu memperhatikan keamanan sang buah hati merupakan suatu hal yang wajib untuk di perhatikan dengan sebaik mungkin.

Terlebih lagi banyaknya jenis mainan yang di jual di pasaran, sehingga akan sedikit menyulitkan bagi para orang tua untuk mengenali bahan yang di gunakan dalam hal pembuatan permainan anak.

Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa buah hati tidak akan terlepas dari yang namanya mainan, karena memang pada fase anak-anak di dalam dunianya akan dihabiskan untuk melakukan berbagai permainan, sehingga sudah hal yang sangat wajar jika banyak para anak yang merengek-rengek untuk dibelikan mainan.

Akan tetapi dalam hal memberikan permainan pada sang buah hati pun juga tidaklah sembarang asal membelikan saja, karena ada banyak hal yang harus orang tua waspadai agar mainan pada anak tidak membahayakan nya.

Berikut ini adalah hal-hal yang wajib untuk Anda perhatikan dengan baik sebelum membeli mainan anak, yaitu sebagai berikut ini:

1. Kualitas.

Perhatikan pada kualitas mainan, karena tidak jarang mainan plastik yang terbuat dari daur ulang, dan daur ulang tentu juga tidak akan terlepas dari bahan kimia, sehingga perhatikan dengan sebaik mungkin.

2. Cat pada mainan.

Mainan pada anak memang tidak akan terlepas dari cat agar menampilkan kesan yang lebih lucu, sehingga Anda wajib mencari tahu cat yang digunakan pada mainan tersebut, atau Anda dapat memilih mainan antitoxic yang tidak akan beracun.

3. Tidak berbahaya.

Pastikan bahwa mainan pada anak Anda tidak membahayakan nya, misalnya ada bagian mainan yang runcing, tembak-tembakan atau pisau yang dapat melukainya.

Beginilah cara memilih permainan anak yang terjaga keamanannya, yaitu sebagai berikut ini mainan untuk anak yang tidak membahayakan:

1. Aman.

Pastikan bahwa mainan yang Anda berikan terbebas dari ketiga hal yang da di atas.

2. Sesuai kebutuhan.

Pilihlah mainan yang sesuai dengan usianya, karena memang permainan di gunakan untuk membantu stimulasi pada perkembangan sang anak.

3. Bisa di utak-atik.

Mainan yang bisa di utak-atik merupakan permainan yang multifungsi, sehingga ada banyak cara untuk menstimulasi perkembangan sang anak.

4. Ikuti petunjuk.

Ikutilah petunjuk permainan sesuai dengan yang dianjurkan.

5. Simpan dengan baik.

Sebelum menyimpan permainan, maka alangkah baiknya jika Anda mencuci permainan yang habis di pakai, serta simpanlah di tempat yang bersih agar mainan terhindar dari bakteri-bakteri.

Mainan pada anak memang selalu memiliki peran yang sangatlah penting, karena mainan pada anak tidak hanya sebatas benda untuk dimainkan saja, akan tetapi permainan tersebut pun juga akan membantu stimulasi pada sang buah hati agar memiliki tumbuh dan kembang dengan baik dan cepat, sehingga pilihlah permainan yang tepat untuk buah hati Anda.

Karena memilih mainan anak yang salah pun juga akan membahayakan bagi yang buah hati, oleh sebab itulah agar setiap mainan pada anak selalu terjaga keamanannya yang tidak akan membahayakan bagi sang anak, maka perhatikan ulasan yang ada di atas, karena menjadi orang tua yang cerdas merupakan orang tua yang selalu memberikan hal terbaik untuk anak-anaknya.