Sepatu merupakan salah satu benda yang sangat berguna dan bermanfaat untuk melindungi kaki. Namun selain itu, sepatu juga dijadikan sebagai fashion item pelengkap gaya berpenampilan yang sangat trendi dan masa kini. Hal tersebut bukan hanya berlaku untuk kalangan dewasa, tapi berlaku juga untuk anak bayi dan balita.

Sepatu bayi berguna untuk melindungi kaki si kecil sekaligus menunjang penampilannya yang lucu karena terdiri dari berbagai macam pilihan warna, model dan desain yang menggemaskan.

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli sepatu untuk bayi, Anda harus mengetahui jenis-jenis sepatu yang tersedia di pasaran saat ini. Beberapa jenis sepatu untuk bayi antara lain:

• Pre-walker shoe.

Sepatu pre-walker adalah sepatu yang dibuat dan didesain secara khusus untuk bayi yang baru lahir hingga berusi 1 tahun. Sepatu jenis ini biasanya terbuat dari bahan yang halus, aman, lembut, fleksibel dan juga lentur sehingga cocok dengan karakteristik kulit kaki para bayi yang masih sensitif.

Pemakaiannya ditujukan untuk melindungi kaki bayi, menghangatkan kaki dan menunjang penampilan si kecil. Pre-walker shoe digunakan untuk bayi yang belum bisa berjalan atau masih merangkak.

Untuk menentukan pilihan, pastikanlah pre-walker shoe yang Anda beli sesuai dengan ukuran telapak kaki bayi, tidak ketat atau terlalu longgar, harus nyaman, tidak panas, aman, anti slip dan tidak licin.

• Toddler shoe.

Lain halnya dengan pre-walker shoe yang digunakan untuk bayi yang belum bisa jalan, toddler shoe khusus didesain untuk bayi atau balita yang baru atau sudah bisa berjalan, rata-rata mulai 1,5 tahun usianya.

Bahan yang digunakan tentu saja berbeda, toddler shoe mempunyai sol yang lebih kuat dan agak keras sehingga berguna untuk menjaga keseimbangan, melindungi kaki bayi ketika sedang berjalan dari gangguan seperti batu kecil, lantai yang licin atau permukaan jalanan yang tidak rata.

Namun tentu saja karet dan bahan sepatu bayi ini dibuat menggunakan material yang lembut dan juga lentur demi kenyamanan si kecil pada saat berjalan.

Itulah jenis sepatu untuk bayi yang bisa Anda pilih berdasarkan kebutuhan dan usia si kecil. Selain memperhatikan jenisnya, masih ada beberapa hal lainnya yang mesti diperhatikan dalam memilih sepatu yang tepat dan baik untuk bayi, antara lain:

1. Ukuran telapak kaki bayi.

2. Keamanan dan kenyamanan bahan material sepatu yang dipilih.

3. Kekuatan dan daya tahan sepatu yang dibeli.

Saat ini model sepatu untuk bayi dari berbagai merk seperti Disney, M&M, Baby Millioner dan lain-lain sangatlah bervariasi.

Dengan memilih dan menyesuaikan sepatu bayi yang Anda beli berdasarkan kebutuhan si kecil, otomatis fungsi dan manfaat dari sepatu yang dikenakan akan semakin efektif. Penampilan bayi juga akan semakin terlihat lucu dan menggemaskan berkat sepatu yang aman, nyaman dan cocok untuk si kecil.