Kehamilan merupakan salah satu hal yang paling dinantikan oleh pasangan suami istri, memang ada beberapa yang lebih cepat mendapatkan tetapi ada pula yang sulit mendapatkan. Nah, melihat hal tersebut tentu saja keberadaan alat tes kesuburan sangat penting sekali untuk digunakan.

Karena tanpa alat tersebut masih banyak sekali wanita yang kurang paham kapan masa subur yang dimiliki sehingga bisa melakukan hubungan seksual lebih maksimal dan segera mendapatkan kehamilan. Jika Anda salah satu orang yang penasaran tersebut, bisa simak artikel kali ini!

Masa subur pada wanita umumnya terjadi ketika perempuan tersebut mengalami ovulasi. Sebelumnya Anda perlu paham terlebih dahulu mengenai ovulasi dimana proses sel telur dilepaskan dari indung telur lalu bisa langsung dibuahi oleh sperma.

Untuk masa subur sendiri umumnya dimulai sejak 10 hingga 14 hari sebelum masa haid wanita berlangsung. Tetapi ini terjadi pada wanita yang mempunyai masa haid yang teratur selama 28 hari. Memang gampang susah untuk mendeteksi ini, makanya diperlukan adanya alat untuk mempermudah proses tersebut.

Sebelumnya Anda perlu mengenal terlebih dahulu beberapa alat tes kesuburan yang dapat digunakan untuk mengetahui kapan dan seperti masa-masa kesuburan tersebut terjadi, yaitu:

1. Ovulation test pack.

Ini merupakan jenis alat pertama yang dapat mendeteksi masa kesuburan dari seorang wanita. Jadi alat ini bekerja dengan cara mendeteksi perubahan dari LH adalah urine, jika mengalami peningkatan umumnya ovulasi akan segera tiba dan menjadi waktu terbaik untuk melakukan hubungan seksual. Untuk jenis alat yang pertama ini memang bisa dikatakan memberikan hasil 99 akurat.

2. Pengukuran suhu basal.

Lalu masih ada cara kedua yang dapat Anda gunakan untuk mendeteksi kapan masa subur, dengan melakukan pengukuran suhu basal pada tubuh. Cara ini cukup mudah, gunakan thermometer untuk langsung mendeteksi suhu basal. Umumnya suhu wanita yang tidak mengalami ovulasi berada sekitar 36,2 sampai 36,5 Celsius.

3. Lendir serviks.

Cara lain lagi yang dapat Anda lakukan adalah dengan melihat lendir serviks yang diproduksi perempuan. Ini umumnya akan menjadi acuan ketika sel telur mulai untuk dilepaskan, makanya hal ini dapat mempengaruhi dari hormon mengatur ovulasi. Untuk sel telur yang siap dibuahi umumnya lendir akan lebih elastis, keputihan, licin dan bisa dikatakan seperti putih telur.

Nah, itulah ketiga cara yang dapat Anda lakukan untuk melihat seberapa besar atau akuratnya masa kesuburan Anda. Seperti yang telah dikatakan diatas, ini sangat penting sekali bagi perempuan yang sudah aktif melakukan seksual atau sudah bersuami.

Untuk merencanakan kehamilan ataupun tidak akan lebih mudah ketika sudah mengetahui masa subur dengan jelas. Sekian, semoga dapat memberikan penjelasan dan sedikit tambahan informasi kepada Anda semuanya.