Tahukah Anda dengan apa itu kanker? Jika ditelusuri lebih jauh mungkin memang sudah banyak sekali masyarakat Indonesia yang kenal dengan istilah kanker. Tetapi untuk lebih jelasnya memang hanya para pakar kesehatan saja dan para petugas medis yang tahu. Jadi kanker ini masuk dalam salah satu kategori penyakit yang dianggap paling mematikan. Kenapa? Karena sampai saat ini kabarnya tidak ada satupun obat yang bisa dipercaya mampu menghilangkan sel kanker yang ada di dalam tubuh. Dan yang paling parah adalah jika sudah masuk Dallam stadium lanjut, maka kanker juga bisa menimbulkan luka yang cukup serius. Dan untuk itu memang diperlukan yang namanya perawatan luka kanker di rumah atau bisa juga di bawa ke rumah sakit.

Kepada pasien yang menderita kanker, memang ada sebagian besar dari mereka yang merasa bahwa hidupnya sudah habis. Tinggal menunggu waktu saja. Apalagi jika kanker yang diderita sudah masuk dalam kanker stadium lanjut. Biasanya dalam hal ini banyak yang berpendapat bahwa pasien akan sangat susah sekali untuk sembuh dan banyak juga yang mengatakan bahwa harapan untuk sembuh memang sangat kecil. Untuk itu, dari sinilah kemudian jika kanker sudah menyebar ke dalam sel tubuh maka akan sangat luar biasa sekali dampaknya. Inilah yang kemudian menjadikan alasan kenapa pasien kanker memang harus mendapatkan perawatan yang cukup intensif.

Anda sebagai manusia yang hidup di zaman yang sudah modern dan maju seperti saat ini pasti sudah sering mendengar bahwa kanker juga bisa menimbulkan luka dan untuk perawatannya itu banyak mengeluarkan biaya. Jadi tidak main-main. Untuk itu, tidak heran jika ada sebagian pasien kanker yang sudah memiliki luka karena kanker, mereka kemudian melakukan perawatan luka di rumah. lalu apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut ini adalah panduannya:

  • Siapkan alat-alatnya

Ini adalah langkah pertama yang bisa Anda lakukan. Jadi apabila Anda ingin mandiri dalam melakukan perawatan luka yang timbul karena kanker di rumah, maka pertama siapkan dulu alatnya. Dan untuk alat-alatnya ini biasanya akan dengan mudah sekali Anda dapatkan di apotek. Dan untuk alat-alatnya biasanya berupa seperti kasa, plester, gunting, kantong plastic, balutan luka sampai dengan sarung tangan dan NaCl 0,9 %. Ini adalah biasanya alat-alat yang biasa digunakan untuk memberikan perawatan pada luka kanker.

  • Bersihkan luka

Jika alat sudah siap semua, pastikan bahwa tangan sudah sangat steril. Gunakan sarung tangan dan jangan sampai Anda pegang luka kanker tidak menggunakan sarung tangan. Pastikan bahwa pasien berada dalam keadaan yang sangat nyaman. Jadi tidak merasa terganggu dan tertekan. Setelah itu Anda bisa buka luka, bersihkan dengan semua alat yang sudah dipersiapkan tadi. Jika memang sudah selesai jangan lupa untuk cuci tangan dengan sabun dan cuci semua peralatan sehingga bisa kembali steril. Setelah itu, pastikan kembali sampah balutan luka di buang di tempat sampah.

Di atas adalah beberapa hal yang bisa diperhatikan apabila ingin melakukan perawatan luka kanker di rumah. meskipun memang pada dasarnya luka yang timbul karena kanker ini tidak melulu harus steril dan tidak boleh tersentuh sama sekali, jadi untuk itu Anda juga bisa melakukannya secara mandiri di rumah. tetapi memang jika Anda ragu bisa gunakan jasa perawat yang datang ke rumah. dengan begitu Anda bisa lebih ringan.