Ketika sang ibu mengalami kehamilan sempurnanya akan menjadi ratu di rumah. Hampir semua anggota keluarga akan berusaha menjaga agar sang ibu dan sang janin tetap dalam keadaan sehat dan baik-baik saja.

Apalagi jikalau mendekati hari persalinan, baik itu sang ibu maupun anggota keluarga lainnya akan mempersiapkan perlengkapan untuk bayi yang baru lahir. Umumnya sang ibu akan membuat list perlengkapan bayi baru lahir yang harus dipersiapkan. Beberapa daftar tersebut antara lain seperti yang ada dibawah ini.

Daftar Penting Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Popok kain, baju ukuran S (panjang dan pendek), celana ukuran S (panjang dan pendek), kaus dalam bayi dengan ukuran 14 atau terkecil, kain bedong, aksesoris bayi (bandana untuk bayi perempuan atau topi), kaus kaki dan juga kaus tangan bayi, alas ompol, gurita bayi atau perlak, gendongan bayi dengan ukuran khusus new born.

Semua perlengkapan dasar seperti di atas merupakan hal yang tentu saja harus Anda persiapkan sejak awal menjelang kelahiran bayi. Setelah siap dapat juga Anda lengkapi dengan berbagai perlengkapan yang lainnya.

List perlengkapan peralatan mandi bayi

Set perlengkapan bayi untuk keperluan mandi seperti halnya sabun bayi, sampo bayi dan lain sebagainya, bak mandi bayi khusus untuk new born, handuk untuk bayi (lebih baik pilih handuk yang memiliki bahan lembut agar kulit bayi tidak tergores, sebab kulit bayi baru lahir memang masih sangat sensitif),

Kapas lingkaran, ember kecil, tempat sampah (sebab akan banyak sampah bayi, tempatkan juga dekat dengan box bayi), tisu kering atau waslap, detergen khusus untuk pakaian bayi, set gunting kuku khusus untuk bayi.

List perlengkapan kesehatan sehari hari

Selain itu keperluan bayi yang berhubungan dengan obat-obatan dan alat kesehatan bayi seperti halnya thermometer, obat penurun panas khusus bayi, salep untuk batuk, pilek atau flu khusus bayi, minyak telon untuk membantu tubuh bayi tetap hangat, popok khusus bayi, alkohol, bedak anti gatal untuk bayi,

Cream anti ruam dan juga kain kasa yang digunakan untuk pusar bayi, kompres instan gel untuk berjaga-jaga jika buah hati Anda mengalami demam ketika berada jauh dari rumah.

Daftar perlengkapan untuk bepergian bayi

Baby stroller atau kereta khusus bayi, car seat, tas khusus untuk menempatkan perlengkapan bayi (baju bayi, celana bayi, popok bayi, dan lain-lain) yang anti air, topi lengkap dengan jaket bayi serta cadangan perlengkapan bersih beserta disposable diaper,.

Bagaimanapun ketika Anda nanti pulang dari rumah sakit maupun bepergian bersama dengan buah hati akan sangat membutuhkan tas yang berisi berbagai macam perlengkapan buah hati. Salah satunya tentu untuk mengganti baju atau popok bayi ketika tiba-tiba mengompol di tengah perjalanan.