Memiliki peliharaan Seekor kucing merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan, Karena hewan yang lucu ini memang sangat akrab dengan manusia. Disamping itu juga memelihara kucing juga diperlukan perawatan agar kucing peliharaan kita bisa ter urus dengan baik.

Terlebih lagi bila peliharaan kucing dalam keadaan hamil, Maka diperlukan perawatan khusus agar si kucing bisa melahirkan dengan sehat serta anak yang dilahirkan bisa selamat. Untuk itu dibawah ini kita akan membahas tentang cara perawatan kucing yang sedang hamil :

1. Menyiapkan Tempat Khusus

Menyediakan tempat khusus pada kucing yang sedang hamil agar kucing bisa dirawat dengan khusus, Serta bisa terhindar dari berbagai penyakit yang mungkin ada di tempat kucing lainnya. Jangan biarkan kucing yang sedang hamil terancam bahaya. Kucing yang sedang hamil lebih cocok untuk ruangan didalam rumah agar terhindar dari hawa panas atau dingin diluar ruangan.

2. Beri kucing Anda makanan yang tepat.

Memberi makan kucing yang sedang hamil diperlukan makanan yang kaya akan kalsium dan protein, Agar si kucing bisa sehat dan kuat. Makanan anak kucing dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan kucing hamil dan menyusui. Suplemen vitamin juga direkomendasikan.

3. Hindari Memberikan Obat-obatan

Kucing hamil harus mendapatkan obat hanya dalam keadaan darurat. Hal yang sama berlaku untuk produk obat cacing, atau produk anti kutu. Jika dia terkena cacingan atau kutu, konsultasikan dulu dengan dokter hewan.

4. Buatkan Tempat Tidur Yang Nyaman

Sebuah kotak berisi koran biasanya bisa membantu. Letakkan di tempat terlindung yang hangat, sebaiknya di lokasi yang sering dikunjungi kucing Anda. Pastikan semua sudah siap dua minggu sebelum kelahiran.

5. Temukan Rumah Untuk Anak Kucing Anda Sebelum Lahir.

Ini akan memberi Anda ketenangan pikiran untuk mengetahui ke mana anak kucing akan pergi. Menemukan rumah untuk kucing bisa memakan waktu. Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk itu sebelum mereka lahir.

6. Gunakan Sampah Yang Tidak Menggumpal Untuk Kotaknya.

Terkadang kucing melahirkan di kotak kotorannya. Jika anak kucing dilahirkan dalam sampah yang menggumpal, induk kucing mungkin menolak untuk membersihkan bayinya karena rumpun ada di seluruh kantung. Dan bayi itu tenggelam dalam cairannya sendiri.

7. Jauhkan Kucing Yang Hamil Dengan Kucing Yang Lain

Anda memiliki lebih dari satu kucing? Kucing hamil Anda menginginkan privasi. Dia tidak suka ditemani kucing lain selama periode ini, meskipun dia sangat mengenal kucing-kucing ini.

8. Bersihkan Kandang

Kucing yang sedang hamil sangat rentan dengan kotoran, Oleh karena itu perlu untuk membersihkan kandang tiga hari sekali agar kucing betah beristirahat ditempat istirahatnya.

9. Periksakan Kucing Anda ke Dokter hewan Terdekat

Miliki selembar kertas dengan nomor telepon dari klinik hewan darurat terdekat. Jika tidak ada klinik seperti itu di daerah Anda, cari tahu dokter hewan mana yang tersedia untuk perawatan darurat. Satu panggilan telepon ke dokter hewan lokal biasanya sudah cukup.

Memberikan perawatan yang tepat pada kucing yang sedang hamil sangat berdampak positif pada peliharaan kucing Anda. Untuk itu cara diatas bisa dilakukan untuk penanganan kucing anda yang sedang hamil.

Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat dan mudah dipahami baik pemula maupun yang sudah lama memelihara kucing yang sedang hamil. Untuk itu sampai jumpa kembali para cat lovers di artikel selanjutnya terimakasih.