Apabila Anda belum mengerti tentang istilah sepeda road bike, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan sepeda balap bukan? Memang benar, penyebutan nama sepeda balap saat ini sudah banyak ditinggalkan karena memang terasa kurang keren untuk didengarkan dan diganti dengan istilah road bike tersebut. Dalam memilih bentuk maupun model sepeda ini, kita tidak boleh sembarangan, karena fungsinya yang kebanyakan digunakan untuk bersepeda jarak jauh atau mungkin untuk race atau balapan, sehingga apabila salah dalam memilihnya akan membuat sesuatu hal yang kurang baik menimpa diri kita.

Ada beberapa akibat yang akan kita rasakan apabila salah dalam memilih sepeda jenis ini, diantaranya adalah:

• Cidera, merupakan akibat yang paling sering dirasakan oleh para bikers ketika salah dalam memilih bentuk ataupun settingan sepeda. Bagian tubuh yang sering mengalami cedera adalah paha dan betis yang sering mengalami kram, atau punggung yang terasa pegal,

• Kesulitan mengendalikan sepeda, juga bisa dialami siapapun apabila salah memilih sepeda. Hal ini terjadi karena dalam setiap medan yang dijumpai bikers akan selalu menyesuaikan gaya bersepeda mereka, sehingga bila settingan tidak tepat pasti mereka akan kesulitan,

• Kelelahan, karena posisi yang tidak nyaman selama bersepeda. Tentu ini sangat tidak diinginkan ketika sedang dalam posisi balapan.

Agar akibat-akibat yang merugikan tersebut tidak sampai menimpa Anda, tentu saja diperlukan sebuah cara dalam memilih sepeda road bike yang tepat. Adapun pertama kali yang harus diperhatikan adalah dana atau budget yang Anda sisihkan untuk pembelian sepeda ini. Memang dana bukanlah hal yang teknis dalam rangka pemilihan sepeda, tapi tentu saja nantinya akan bisa mempengaruhi bahan-bahan atau model seperti apa yang paling tepat dengan dana yang telah disediakan.

Selanjutnya, setelah dana telah diperhitungkan dengan matang, maka kita akan menginjak pada beberapa hal teknis dalam memilih sepeda yang tepat, seperti:

1. Pemilihan bahan rangka sepeda (frame), ada banyak pilihan yang bisa menjadi pertimbangan seperti frame dari bahan besi yang berat, alumunium, carbon fiber dan juga titanium yang paling ringan,

2. Pemilihan grup set yang biasanya terdiri atas front dereilleur dan rear dereilleur (alat pemindah gear depan dan belakang), shifter, crankset, bottom bracket (BB), brakes (rem), sproket dan lainnya yang menempel pada rangka sepeda,

3. Pemilihan wheel set yang tepat, mulai dari ban luar/dalam, hub, rims (velg) hingga spokes (jeruji) haruslah disesuaikan dengan kebutuhan.

Setelah pemilihan bahan-bahan untuk perakitan tersebut Anda selesaikan, maka selanjutnya yang paling penting pada saat memilih sepeda road bike adalah penyetelan komponan-komponen tersebut. Untuk melakukan hal ini memang akan lebih baik bila Anda menggunakan jasa orang yang sudah berpengalaman karena biasanya untuk postur dan tinggi badan tertentu diperlukan settingan yang lebih spesifik juga untuk menghindari resiko-resiko diatas.