Berada di sekitar orang yang sangat negatif sangat menguras tenaga. Karena dapat menularkan energi negatif ke diri kita, oleh karena perlu memahami cara agar bisa menolak aura negatif tersebut agar tidak masuk ke pikiran kita.
Saya percaya bahwa kita harus bertanggung jawab penuh atas segala sesuatu dalam hidup kita, seperti yang dinyatakan Etikalisme.

Jadi, jika saya merasa sedih atau negatif, saya tidak boleh menyalahkan sepenuhnya pada orang yang bersama saya karena telah menjatuhkan saya. Hal ini membawa saya ke pencarian saya untuk menemukan apakah ada cara lain yang dapat saya tanggung jawab atas penurunan energi saya.

Orang-orang negatif dan energi negatif sangat berat, membuat depresi dan pada dasarnya menular dalam efeknya yang menyedihkan seperti seseorang di kamar mandi memercikkan seseorang yang berdiri di luar kamar mandi. Orang-orang negatif dipenuhi dengan ketakutan. Orang yang ketakutan bosan berada di sekitar. Dengan demikian, orang yang negatif membosankan berada di sekitar. Mengapa bosan begitu buruk? Buang-buang waktu saja.

Jadi, selain selimut basah yang jelas dari kenegatifan mereka, ada perasaan membuang-buang waktu dan hidup dengan bersama seseorang yang begitu negatif sehingga tidak ada hal baik yang bisa dihasilkan darinya. Tidak ada hal positif, kreatif atau menyenangkan sama sekali yang dapat terjadi dengan orang ini, jadi saya menyia-nyiakan kesempatan berharga untuk menjadi bahagia atau produktif, atau bersantai, dengan berada bersama mereka.

Jadi, apakah energi negatif mereka memengaruhi saya? Atau, apakah perasaan bosan saya sendiri yang membawa penyesalan, karena membuang-buang waktu saya sendiri.

Saya belum menemukan cara untuk bersama orang yang negatif, penakut, dan tetap positif. Energi mereka terlalu kuat untuk mempengaruhi saya. Tetapi saya masih tidak yakin apakah itu hanya menjadi basah saat berada dalam hujan kesengsaraan mereka, atau apakah itu perasaan sia-sia dan bosan yang timbul sendiri, sehingga serangan diri yang membuat saya merasa buruk.

Saya pikir itu adalah kombinasi dari keduanya, hanya menjadi basah di tengah hujan, menjebak elang energi positif saya dalam jaring penderitaan mereka, dan penyesalan karena membuang-buang waktu saya. Maka tidak ada yang bisa dilakukan selain menghindari tipe orang negatif itu dan biarkan mereka mengetahuinya atau tetap sengsara. Itu adalah keputusan untuk menggunakan waktu dengan bijak.

Mungkin menghabiskan waktu bersama mereka hanya memberi makan negativitas karena itu menarik perhatian mereka, dan karena itu keinginan Anda untuk membantu, Anda memperburuk keadaan. Itu juga tergantung pada orang yang depresi, apakah itu fase atau, karakter dasar mereka yang mungkin tidak akan pernah berubah.

Kita harus menggunakan waktu kita dengan bijaksana karena sangat terbatas. Menjadi tertekan karena berada di bawah kekuatan negatif itu seperti minum air di lautan, mengetahui apa yang Anda lakukan dan penyakit yang akan Anda derita, tetapi Anda tetap melakukannya.

Intinya adalah, kita perlu menjaga diri dalam arti tidak melakukan hal-hal yang merugikan, karena hidup ini cukup sulit dan sudah menguras tenaga bagi kebanyakan orang.

Mencoba ‘menyelamatkan’ orang lain sering kali merupakan pengalihan dari memandang diri sendiri. Anda bukan Tuhan, itu bukan tempat Anda untuk mengangkat seseorang ketika yang mereka ingin lakukan hanyalah menjatuhkan Anda.

Carilah orang-orang yang positif dan menggembirakan, dan jika Anda tidak dapat menemukan siapa pun, maka puaslah dengan diri Anda sendiri, dengan orang-orang di sekolah atau kelompok atau klub melakukan hal-hal yang Anda sukai seperti hiking, menonton film, atau apa pun yang Anda suka.

Kebahagiaan Anda ada dalam kendali Anda sendiri, dan itu sangat ditentukan oleh dengan siapa Anda bergaul. Manusia adalah makhluk sosial dan membutuhkan persahabatan. Jangan biarkan kebutuhan Anda membuat Anda menjadi pecandu narkoba dan menghancurkan hidup Anda dengan berada bersama orang-orang yang menjatuhkan Anda.

Temukan tempat dan orang yang bahagia untuk bersama, dan hidup Anda akan lebih bahagia sebagai hasil dari teman yang baik. pilihan Anda yang menentukannya. Jangan biarkan lingkungan negatif menyerang kesehatan mental Anda.