Agar terlihat cantik dalam melakukan tata rias wajah sangat diperlukan, khususnya bagi kaum wanita. Saat ini beragam cara yang bisa dilakukan para wanita agar bisa terlihat cantik salah satunya dengan menggunakan jasa tata rias atau Make up. Dengan begitu tentu Anda harus sedikit merogoh biaya untuk terlihat cantik.

Selain menggunakan jasa make up untuk terlihat cantik, Anda juga bisa kok melakukannya sendiri dirumah dengan mengikuti enam tips menata rias dibawah ini :

1. Siapkan Peralatan Make up

Yang pertama kali yang harus Anda lakukan ialah dengan menyiapkan segala peralatan kecantikan seperti :

~ Eyeliner : eyeliner gelap dan tebal akan membuat Anda terlihat berlebihan dan akan merusak sisa riasan Anda.

~ Maskara : terlalu banyak maskara terlihat palsu dan akan mengelupas. Terlihat sangat buruk jika dikenakan dengan eyeliner tebal atau perona mata biru tua.

~ Alas bedak : Pastikan alas bedak Anda memiliki warna yang sama dengan kulit Anda. Foundation dimaksudkan untuk melindungi dan memberikan tampilan wajah yang halus. Kata ajaib adalah campuran.

~ Bedak : Hal yang sama berlaku untuk bedak – tidak terlalu banyak. Selain itu, pastikan juga untuk membaurkan riasan Anda sehingga tidak ada garis yang terlihat jelas.

2. Bibir

Oleskan lip liner untuk menutupi bibir sepenuhnya, tambahkan warna dan lipstik Anda akan bertahan lebih lama. Pastikan lip liner Anda tidak terlihat. Selain itu, warna bibir Anda harus sesuai dengan warna kulit Anda; Pakailah warna-warna dingin jika Anda memiliki warna dingin dan warna hangat jika Anda memiliki warna hangat.

Jika Anda ingin membuat bibir Anda terlihat lebih kecil, pertahankan liner Anda di bagian dalam bibir Anda. Namun, jika Anda memutuskan untuk membuat bibir Anda terlihat lebih besar, keluar dari garis bentuk alami bibir Anda adalah kesalahan. Ini bisa terlihat sangat berantakan dan tidak wajar.

3. Riasan Yang Sesuai

Kenakan riasan yang sesuai untuk acara tersebut. Jika Anda pergi ke pantai, Anda tidak boleh memakai riasan yang sama atau sebanyak jika Anda pergi menari. Selain itu, saat Anda berada di siang hari, riasan Anda harus lebih cerah daripada saat Anda keluar di malam hari.

4. Terlalu Sedikit atau Tanpa Riasan

Beberapa wanita tidak memakai riasan karena tidak yakin bagaimana cara menggunakannya dan takut dibuat berlebihan. Jika Anda tidak yakin, mulailah dengan warna terang di tempat teduh Anda. Mulailah perlahan dan tambahkan produk satu per satu. Mungkin mulai dengan alas bedak, tambahkan maskara, blush on atau lipstik.

Jika Anda tidak terbiasa memakai riasan, menggunakan banyak terlebih dahulu mungkin sedikit berlebihan bagi Anda, jadi mulailah perlahan. Intinya adalah sedikit lebih baik daripada tidak sama sekali. Jika Anda masih ragu mencari nasihat profesional.

5. Tampilan Keseluruhan

Ketika riasan Anda selesai, itu akan terlihat alami. Artinya, hindari warna yang bentrok. Jika Anda memiliki kulit dan rambut gelap, Anda akan terlihat lebih baik dalam warna yang lebih gelap; warna terang akan membuat Anda terlihat luntur. Jika warna rambut dan kulit Anda cerah, warna terang akan terlihat lebih baik untuk Anda.

Riasan gelap akan membuat Anda terlihat lebih tua dan kasar. Jika Anda memiliki kulit berminyak, gunakan dulu oil control moisturizer dan foundation. Kemudian pastikan untuk memakai bedak tabur, simpan bedak padat dengan Anda untuk sentuhan.

6. Warna Rambut

Warna rambut Anda juga harus selaras dengan kulit Anda. Jika Anda memiliki rambut gelap dan ingin menambahkan warna, pertahankan agar warnanya tetap sama. Jika Anda memiliki rambut terang, gunakan warna-warna terang.

Seiring bertambahnya usia, kulit Anda akan menjadi cerah, begitu juga dengan warna rambut Anda. Satu hal lagi tentang warna rambut – jika Anda mewarnai rambut, pastikan Anda mempertahankannya, jangan sampai akar rambut Anda terlihat.

Setelah melakukan enam langkah diatas, Sebisa mungkin untuk menjaga riasan tetap terlihat segar sepanjang hari dengan melakukan sentuhan rutin. Jangan biarkan riasan Anda luntur atau kusut. Selamat mencoba…