Kita semua memiliki jadwal yang padat, tenggat waktu kerja, dan banyak faktor lain yang menyebabkan stres dan mengurangi pertahanan alami tubuh kita. Stres menyebabkan kerusakan tubuh. Untungnya, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk melawan stres. Makan sehat bisa efektif mengurangi stres secara alami. Berikut 5 makanan teratas yang memerangi stres.

1. Blueberry

Blueberry terbukti bisa menghilangkan stres. Mereka sarat dengan antioksidan yang menghidupkan kembali dan meremajakan sel-sel yang rusak di dalam tubuh. Mereka menetralkan radikal bebas dalam tubuh dan mencegah kerusakan sel. Mereka juga meningkatkan respons tubuh untuk melawan stres dan kecemasan. Dan blueberry meningkatkan kekebalan, yang lagi-lagi memainkan peran penting dalam mengurangi stres.

2. Cokelat Hitam

Inilah nilai tambah nyata bagi pecinta cokelat. Tidak semua cokelat memiliki kekuatan untuk melawan stres secara efektif, tetapi cokelat hitam memiliki efek relaksasi pada tubuh Anda. Studi menunjukkan bahwa konsumsi cokelat hitam menghasilkan penurunan kortisol, hormon stres, sehingga menghilangkan stres.

Kakao memiliki kandungan antioksidan tinggi yang menurunkan tekanan darah dan melemaskan pembuluh darah. Untuk efek menenangkan, pilih cokelat yang mengandung lebih dari 70% kakao.

3. Alpukat

Jika Anda tidak sedang berusaha menurunkan berat badan, alpukat dapat bermanfaat untuk melawan stres. Mereka mengandung glutathione yang menghalangi penyerapan lemak yang bertanggung jawab atas kerusakan oksidatif. Mereka juga meningkatkan rasa kenyang dan membuat Anda merasa lebih puas.

Ini mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan yang lebih baik. Karena tinggi lemak, pertimbangkan untuk membatasi asupan Anda dengan makan hanya setengah buah alpukat saat makan.

4. Kacang Mete

Kacang selalu menjadi camilan yang enak, tetapi kacang mete memiliki keuntungan tambahan. Kacang mete dikemas dengan protein dan omega-3 yang mengurangi mengidam dan membuat Anda merasa kenyang. Mereka kaya seng yang membantu mencegah stres.

Faktanya, kekurangan seng adalah penyumbang utama stres dan kecemasan. Jadi, mengisi kembali simpanan seng Anda dapat membantu mencegah stres sama sekali. Minum sedikit setiap hari mungkin tampak bermanfaat bagi siapa pun. Dan karena kandungan proteinnya yang tinggi, kacang mete juga bisa menjadi camilan yang enak bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

5. Ikan Salmon

Makan salmon memiliki banyak manfaat kesehatan, yang utama adalah menghilangkan stres. Ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 yang merupakan agen anti-inflamasi yang kuat. Studi menunjukkan bahwa ini membantu mengurangi hormon stres kortisol serta adrenalin dan menginduksi efek menenangkan.

Orang yang mengkonsumsi salmon secara teratur telah menunjukkan penurunan tingkat stres dibandingkan dengan mereka yang tidak. Selain itu, ikan salmon juga merupakan makanan yang enak untuk jantung Anda.

6. Buah-Buahan

Dengan mengonsumsi buah-buahan juga ternyata juga efektif untuk meredakan perasaan stres yang sedang di alami oleh orang yang sedang mengalami stres. selain menghilangkan rasa stres, buah juga sangat baik untuk kesehatan dan terdapat beberapa kandungan serat yang dapat memperlancar saluran pencernaan.

Kesimpulannya adalah, dengan mengkonsumsi enam makanan diatas sangat efektif untuk meredakan rasa stres pada diri kita. Oleh karena itu Anda bisa mencobanya bila perasaan stres sedang melanda. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita dalam menangani perasaan stres.