Memiliki berat badan yang ideal adalah impian kebanyakan orang. Badan yang ideal lebih memacu pada keadaan tubuh yang sehat. Pasalnya, jika memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas memiliki dampak yang kurang baik terhadap kesehatan tubuh. Begitupun dengan berat badan yang terlalu ringan hal tersebut juga tidak baik untuk kesehatan.

Jika kita bicara masalah obesitas atau berat badan yang berlebih ini bisa menjadi sumber masalah. Selain mengurangi kepercayaan diri, orang dengan masalah obesitas juga beresiko terkena penyakit.

Jika berat badan Anda melebihi batas ideal maka sebaiknya Anda mulai berpikir untuk menurunkan berat badan. salah satu cara untuk membantu menurunkan berat badan adalah dengan berolahraga namun olahraga saja tidak cukup, Anda harus menyeimbangkan dengan pola makan dan diet seimbang yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain pola makan dan olahraga, banyak pendukung diet seperti suplemen alami yang bisa membantu menurunkan berat badan anda.

Berikut adalah 5 suplemen alami penurun berat badan yang bisa anda temukan dimana saja.

1. Teh Hijau

Teh hijau atau green tea adalah suplemen penurun berat badan alami. Ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Teh hijau alami mengandung kafein. Bahan paling kuat dalam teh hijau adalah antioksidan yang disebut catechin.

Catechin bekerja bersama dengan metabolisme penambah kafein dan termogenesis. termogenesis adalah proses yang membantu membakar lemak tubuh anda dan menghasilkan lebih banyak energi.

Stimulan diatas membuat Anda bergerak dan berolahraga. Semakin banyak Anda berolahraga, semakin banyak lemak yang akan terbakar.

Namun, Jika Anda sensitif terhadap produk yang terdapat kafein, jangan mengonsumsinya, karena terlalu banyak kafein dapat memengaruhi ritme jantung dan rutinitas tidur Anda.

2. Minyak Ikan

minyak ikan adalah salah satu suplemen kesehatan paling umum yang tersedia di pasaran. Minyak ikan adalah salah satu sumber alami asam lemak omega 3. hal ini membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang.

Minyak ikan kebanyakan tersedia dalam bentuk kapsul atau minyak botol. Minyak ikan adalah produk yang peka terhadap cahaya, maka sebelum membeli minyak ikan, carilah produk yang dikemas dengan botol gelap atau buram.

3. Minuman Berprotein

Protein adalah sumber tenaga untuk menurunkan berat badan. Protein juga bisa membuat anda merasa lebih kenyang. karena itu, minuman protein sering dijadikan sumber nutrisi saat melakukan program diet.

Protein lebih lama dicerna oleh tubuh manusia sehingga akan membuat anda merasa kenyang lebih lama dan tentunya menjadi pendukung program diet, Jika Anda mengonsumsi satu porsi protein (sebutir telur) di pagi hari, maka anda akan merasa kenyang selama menjalani aktivitas sehari-hari. Protein meningkatkan laju metabolisme dan sangat mepengaruhi penurunan berat badan.

Anda harus tahu, bahwa protein memiliki jumlah kalori yang sama dengan karbohidrat. Protein bisa anda dapatkan dari sumber-sumber seperti protein susu, telur, daging sapi dan kacang kedelai dll.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa banyak menawarkan sejumlah manfaat kesehatan tidak hanya untuk mencerahkan kulit dan mencegah kerontokan rambut. Minyak kelapa kini dapat digunakan untuk menurunkan berat badan karena dapat mencegah penumpukan lemak, merangsang metabolisme dan mengekang rasa lapar.

Minyak kelapa juga mudah untuk didapatkan di pasaran. minyak kelapa dapat anda gunakan dalam rutinitas diet sehari-hari dengan cara minum satu sendok setiap hari atau bisa anda tambahkan pada air panas atau teh.

Minyak kelapa membantu mengurangi nafsu makan Anda tetapi itu tidak berarti minyak kelapa tidak memiliki kalori sendiri. Minyak kelapa mengandung lemak jenuh. Mulailah dengan mengonsumsi satu sendok makan sehari, setelah masa penyesuaian ,asupan minyak kelapa dapat di tambah namun harus tetap terbatas 2 atau 3 sendok makan setiap hari.

5. Kafein

Kafein alami seperti teh dan kopi aman jika dikonsumsi dalam jumlah normal. Banyak para peneliti menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme Anda hingga 11% jika kafein dikonsumsi tanpa gula maka memiliki banyak antioksidan dan banyak manfaat bagi kesehatan.

Karena tubuh menggunakan lemak untuk menghasilkan energi lebih efisien. Mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur adalah cara yang mudah dan efektif untuk membakar lemak.

Namun tetapi kafein juga bisa berbahaya jika dikonsumsi dalam dosis tinggi, ini akan mempengaruhi ritme detak jantung dan mempengaruhi rutinitas tidur anda.

Demikian lah artikel terkait tentang suplemen alami untuk membantu anda menurunkan berat badan. Suplemen diatas tidak menimbulkan efek samping apapun karena terbuat dari bahan alami. Banyak suplemen penurun berat badan yang di jual di pasaran serta embel-embel hasil penelitian.

Saya tidak merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen yang di jual di pasaran. pastikan terlebih dahulu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.