Berlibur memang menjadi hal yang menyenangkan, yang bisa membuat kita lupa akan masalah-masalah yang ada. Apakah anda akan berencana berwisata ke Yogyakarta?

Kota Yogyakarta atau akrab disebut Kota Gudeg adalah destinasi wisata yang sangat mempesona. Buktinya, kota ini selalu ramai dikunjungi para pelancong dari luar kota. Terutama pada masa-masa liburan. Ada banyak magnet yang menjadi daya tarik kota Jogja, tempat wisata kemah kuliner, budaya dan kesenian, serta arsitektur bangunan yang ada di Jogja bisa membuat para pengunjung semakin jatuh cinta.

Berikut adalah daftar lengkap tempat wisata di Jogja yang tidak boleh dilewatkan mulai dari wisata sejarah hingga wisata kekinian, yang berbasis hiburan maupun pengetahuan untuk anak-anak ataupun orang dewasa.

1. Keraton Jogjakarta

Destinasi yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Jogja adalah Keraton. tempat ini merupakan istana kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan masa menjadi hunian keluarga kerajaan hingga saat ini. Keraton bisa digolongkan sebagai salah satu situs sejarah yang menyimpan banyak kisah dari masa lampau. Wisatawan bisa mengelilingi area Keraton dengan membayar karcis masuk sebesar Rp. 7.000 saja.

Setiap hari, tempat wisata di Jogja ini dibuka untuk masyarakat umum pada pukul 09:00 WIB hingga 14:00 WIB. Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti becakatau delman maupun kendaraan pribadi untuk tiba di objek wisata sejarah ini. Anda bisa berfoto dengan latar belakang gedung-gedung yang indah dan artistik. Dalam Keraton wisatawan juga bisa melihat-lihat berbagai koleksi warisan dari masa lalu yang dipamerkan di ruang khusus.

2. Malioboro

Malioboro adalah salah satu tempat wisata di Jogja yang merupakan favorit para wisatawan. Tempat ini merupakan sebuah kawasan yang menawarkan beragam daya tarik, pengunjung bisa berbelanja batik, duduk santai di bangku-bangku yang tersedia di trotoar atau memanjakan lidah dengan berwisata kuliner.

Untuk mencapai Malioboro sangatlah mudah karena tempat ini berada di tepat di jantung kota Jogja. banyak sekali transportasi umum yang menghubungkannya dengan wilayah lain bahkan apabila Anda datang dari luar kota dengan kereta api dan turun di stasiun tugu, anda bisa berjalan kaki ke Malioboro karena jarak yang sangat dekat.

Anda tidak perlu membayar apapun untuk berkunjung ke Malioboro dikarenakan Malioboro merupakan ruang publik. Wisatawan hanya perlu membayar biaya retribusi Jika datang dengan kendaraan bermotor. agar Anda nyaman berkunjung ke Malioboro pilihlah waktu pada sore hari sehingga keindahan dan eksotisme, destinasi ini semakin terasa terkesan. selain itu, Malioboro juga terkenal sebagai tempat berburu oleh-oleh khas Jogja.

3. Taman Pintar

Taman pintar merupakan tempat liburan di Jogja yang tepat bagi anak-anak dan keluarga. Selain berlibur kamu berkunjung ke taman pintar akan menambah wawasan si kecil. Taman pintar banyak wahana seperti wahana teater 3 D, dan wahana bahari, wahana tersebut akan membantu anak anda untuk belajar sekaligus bermain.

Taman pintar bisa anda kunjungi pada pukul 09. 00 WIB hingga 16.00 setiap hari. Di taman pintar anak-anak juga bisa belajar membatik. Sangat menyenangkan bukan?

4. Pantai Parangtritis

Objek wisata lain di Jogja yang cukup populer di kalangan wisatawan adalah pantai parangkritis. Daya tarik objek wisata pantai, terletak pada pasir putihnya yang membentang, namun pasir pantai Parangtritis berwarna hitam. Namun demikian banyak sekali wisatawan yang menyempatkan diri untuk berkunjung ke objek wisata ini ketika sedang berada di Jogja.

Untuk mencapai tempat wisata ini pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 27 km dari pusat kota Jogja ke arah selatan. anda tidak perlu khawatir dikarenakan banyaknya transportasi umum yang melewati rute ini.

5. Kebun Binatang Gembiraloka

melihat keragaman aneka satwa mulai dari gajah, ular, monyet, hingga burung, adalah suatu yang menyenangkan, Terutama bagi anak-anak. Hari ini bisa anda wujudkan dengan berkunjung ke kebun binatang gembiraloka. Yogyakarta. Selain anda bisa melihat-lihat, pengunjung juga diperbolehkan memberi makan binatang-binatang ini.bahkan ada pula kesempatan untuk berfoto secara langsung dengan aneka satwa tersebut.

Untuk berkunjung ke kebun binatang gembira loka Anda bisa memanfaatkan beberapa alat transportasi, termasuk bus. bagi wisatawan disarankan untuk datang setelah pukul 08:00 WIB atau sebelum 16;00 WIB. Biaya masuk tiket yang dikeluarkan sebesar Rp30.000 per orang.

Anda bisa berkeliling area kebun binatang gembira loka dengan menggunakan kereta mini yang disebut Taring. Kereta mini mengangkut pengunjung dari satu titik ke titik lain. Dan Anda juga bisa merasakan keseruan lainnya nya ke kebun binatang gembiraloka seperti bermain perahu Boat, kapal katamaran, gajah tunggang, perahu senggol, dan lain sebagainya.

Demikianlah 5 uraian wisata yang wajib Anda kunjungi di daerah istimewa Jogjakarta yang perlu ada ingat Berlibur memang menjadi hal yang sangat menyenangkan namun tetapi terkadang berlibur justru menimbulkan masalah baru yakni pengeluaran yang membengkak di luar rencana. Alangkah baiknya rencana berlibur dipikirkan matang-matang serta dipikirkan rute mana sebaiknya di mulai. Semoga artikel ini menjadi referensi dan sedikit membantu anda.