Bagi masyarakat yang hobi bersepeda sejak lama, membeli sepeda baru dengan spesifikasi sesuai kebutuhan tentunya tidak menjadi masalah. Namun, bagi penghobi sepeda baru memilih sepeda yang tepat bisa cukup membingungkan.

Setidaknya ada 4 hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli sepeda gunung.

1. Kebutuhan

Ini adalah aspek pertama yang perlu dijadikan pertimbangan, apakah sepeda yang nantinya akan dibeli untuk transportasi atau ingin bersepeda ke dataran tinggi. Pertimbangkan pula Medan yang akan dilalui nanti dengan sepeda tersebut.

Jika anda ingin bersepeda di Medan aspal dan menginginkan performa kecepatan, kita bisa memilih sepeda balap atau Road bike. jika kebutuhan anda adalah untuk bersepeda di jalan yang tidak rata, atau melintasi jalan di hutan serta lainnya Anda bisa memilih sepeda gunung atau biasa disebut dengan MTB.

Dan, jika kebutuhan bersepeda anda hanya untuk keseharian atau commuting, Anda bisa memilih sepeda perkotaan atau city bike. Namun jika anda ingin membeli sepeda gunung, maka yang Anda harus ketahui bahwa desain, frame dan bahan serta suspensi sepeda gunung yang dibuat untuk keperluan khusus. sehingga keputusan untuk membelinya bukan sekedar berdasarkan warna dan ukuran.

Jika Anda pergi mengunjungi toko sepeda carilah yang menjual banyak jenis dan merk sepeda. pertanyaan soal sepeda yang cocok untuk Anda sekaligus berikan jawaban jujur Jika penjual menanyakan kebiasaan Anda bersepeda.

penjual yang benar biasanya akan bertanya bagaimana Dan dimana anda akan bersepeda pertanyaan ini ada sebaiknya berterus-terang karena jawaban anda akan menentukan jenis sepeda apa yang cocok bagi anda.
Dibawah ini ada beberapa tipe sepeda gunung bagi pemula:

  •  Sepeda hardtail
  •  Cross country ( XC )
  •  Trail bike
  •  Enduro
  •  Downhill

2. Budget

Harga sepeda sangat bervariasi dan tentu akan menentukan kualitas sepeda mulai dari bahan yang dipakai, groupset dan wheelset, suspensi serta kelengkapan lainnya. Harga sepeda untuk keperluan khusus seperti balapan atau menurun jalur gunung ( down hill), all mountain dan touring umumnya lebih mahal, walaupun memang tetap ada banyak pilihan harganya.

Anda juga dapat menemukan beberapa toko yang menawarkan diskon selain produk dan layanan khusus. Tidak ada salahnya membeli model tahun-tahun sebelumnya asalkan kriteria memenuhi kebutuhan anda.

3. Ukuran Sepeda

Ukuran sepeda yang pas sangat penting untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan bersepeda.

4. Bahan Sepeda

Kebanyakan sepeda gunung dibuat dari bahan aluminium atau karbon. Kebanyakan autis kelas dunia berlomba menggunakan sepeda berbahan karbon. Bukan berarti frame sepenuhnya dari sepeda menggunakan aluminium, melainkan campuran antara 95 hingga 98% aluminium dengan logam lain sehingga disebut alloy.

Pada umumnya harga sepeda aluminium lebih murah dibanding carbon,meski ada juga frame aluminium yang lebih mahal dibanding karbon dengan mutu sedang. Bahan karbon biasanya digunakan karena lebih ringan sehingga bahan ini lebih cocok untuk sepeda yang dipakai mendaki, balapan, atau jalan datar. Sedangkan untuk jalur turunan, obat sepeda yang terlalu ringan membuatnya tidak nyaman dan serasa terbang.

Namun yang harus anda perhatikan adalah bahwa aluminium cenderung berubah bentuk sementara karbon akan patah bila rusak. Sepeda aluminium yang berubah bentuk masih bisa dikendarai walau tidak disarankan, namun karbon yang patah sebaiknya ditinggalkan.

Jadi, jika Anda mencari sepeda gunung terbaik, kami sarankan Anda mempertimbangkan 4 tips ini. Dengan tips-tips ini Anda akan lebih cenderung mendapatkan produk yang terbaik.