Pekerjaan menyatukan orang-orang dengan karakter dan perilaku yang berbeda, dan ini sering kali menyebabkan gesekan, kebencian, dan stres. Terkadang atasan terlalu menuntut, rekan kerja mungkin tidak menyenangkan, mungkin ada terlalu banyak pekerjaan atau kondisi kerja mungkin tidak nyaman.

Pekerjaan mungkin membosankan, mungkin ada persaingan atau kecemburuan antara pekerja atau pelanggan mungkin tidak ramah atau tidak ramah. Tidak heran ada ketegangan dan stres.

Inilah beberapa alasan mengapa kebanyakan orang sangat menantikan liburan mereka. Liburan mereka memberi mereka cara untuk keluar dari kehidupan sehari-hari dan menemukan kedamaian. Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu menunggu liburan Anda.

Anda dapat belajar untuk mendapatkan kedamaian batin dan menikmati setiap saat, tepat di mana Anda berada. Anda bisa berhenti resah dan tegang. Anda bisa merasakan ketenangan pikiran dan kebahagiaan dimanapun Anda berada. Ketika pikiran Anda damai, seluruh lingkungan menjadi damai.

Sekarang Anda mungkin bertanya-tanya apa yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkannya. Saya tidak akan berbicara di sini tentang meditasi, meskipun ini adalah salah satu alat ketenangan pikiran yang terbaik. Di bawah ini Anda akan menemukan beberapa tip dan saran sederhana dan mudah dilakukan untuk mengalami kedamaian batin di tempat kerja Anda.

Anda mungkin tidak berhasil pada upaya pertama, tetapi jika Anda terus melakukan saran ini dengan sungguh-sungguh, Anda secara bertahap akan mulai mengalami kedamaian pikiran. Kedamaian ini tidak hanya akan ada di dalam diri Anda.

Berikut sepuluh tips menciptakan ketenangan pikiran di tempat kerja:

1. Jika orang yang Anda temui berbicara dengan suara keras, tidak sopan dan tegang, Anda mungkin akan bereaksi dan berperilaku sesuai, sehingga meningkatkan ketegangan. Di sisi lain, jika Anda tetap tenang, berbicara, bertindak, dan bereaksi dengan damai, orang secara tidak sadar meniru perilaku Anda. Anda menjadi kekuatan pemimpin, apa pun posisi Anda di tempat kerja.

2. Setiap hari sebelum Anda memasuki tempat kerja, ulangi beberapa kali penegasan berikut:

“Pikiran saya damai sepanjang hari. Saya memancarkan kedamaian di sekitar saya. Saya berbicara dengan damai, sopan dan dengan senyuman. Saya memilih untuk bertindak damai”.

Ucapkan afirmasi dengan perhatian, keyakinan dan emosi.

3. Sapa orang yang Anda temui di tempat kerja.

4. Kapanpun Anda merasakan ketegangan atau amarah berkembang dalam diri Anda, ambillah tiga kali napas dalam-dalam sebelum berbicara atau bertindak.

5. Sadarilah kata-kata yang Anda pikirkan, ucapkan, atau tulis. Gunakan hanya kata-kata positif.

6. Kapanpun Anda menemukan diri Anda meninggikan suara Anda, segera turunkan. Sopan santun tetap dijaga.

7. Bicaralah dengan nada sedang, tidak terlalu keras atau terlalu rendah, dan jangan biarkan kenyaringan atau nada suara orang lain memengaruhi suara Anda.

8. Beberapa kali selama hari kerja Anda menemukan tempat yang tenang. Mungkin di meja Anda, atau jika tidak cukup tenang di sana, bisa di kamar mandi, ruang kosong atau tempat sepi lainnya. Untuk beberapa saat bayangkan lokasi indah yang Anda sukai atau acara yang membuat Anda bahagia. Rasakan bahwa Anda ada di sana dan nikmati perasaan yang muncul.

9. Saat bekerja, berkonsentrasilah pada apa yang Anda lakukan. Taruh di sana perhatian penuh Anda. Ini akan menjauhkan pikiran Anda dari pikiran-pikiran yang mengganggu.

10. Jangan buang waktu dan energi Anda untuk menganalisis dan memikirkan motif dan perilaku orang, tetapi cobalah untuk meningkatkan tindakan Anda.

Sebelum berbicara dengan seseorang yang tidak Anda sukai atau takuti, atau seseorang yang membuat Anda merasa tegang atau marah, tarik napas dalam-dalam dan bayangkan Anda berdua berbicara dengan damai dan harmonis. Jadi dengan melakukan sepuluh tips diatas, bisa membantu menenangkan pikiran Anda di tempat kerja.