Tips Mencuci Mobil di Rumah Agar Cat Mobil Selalu Tampak Bersih Mengkilat

Memiliki mobil bukan hanya berarti Anda memiliki saran transportasi yang bisa digunakan kapan saja untuk jarak yang lebih jauh. Memiliki mobil juga berarti Anda harus siap dengan perawatannya yang lebih memakan biaya melebihi kendaraan roda dua. Contoh perawatan yang paling sering dilakukan adalah mencuci mobil untuk menjaga kebersihannya. Harga jasa pencucian mobil cukup bervariasi dari Rp. 25.000 hingga Rp. 50 ribuan tergantung dari sistem yang digunakan. Jika musim penghujan tiba, tentu biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak karena mobil mudah sekali menjadi kotor setelah terkena percikan genangan air.

Untuk tetap bisa membersihkan mobil namun tidak mengeluarkan dana yang terlalu banyak, mencuci sendiri mobil kerap di lakukan. Sebenarnya tak sulit untuk melakukannya dengan menggunakan perlengkapan seadanya di rumah. Berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan untuk mencuci mobil di rumah dengan hasil yang tidak jauh beda jika Anda mencucinya di tempat pencucian komersil.

 

  • Gunakan air bersih dengan cara dialirkan.

Penggunaan selang untuk menyemprotkan air sangat penting untuk membantu menghilangkan kotoran terutama yang membandel seperti lumpur yang menempel. Tekan selang sehingga semburan yang keluar memiliki tekanan lebih besar dan bisa digunakan untuk menjangkau area yang sulit dijangkau tangan misalnya bagian bawah mobil.

 

  • Gunakan shampoo khusus mobil.

Meski semua shampoo akan bisa membersihkan noda, namun shampoo khusus mobil memiliki zat yang bisa menjaga cat mobil agar tetap baik. Belilah dan gunakan setiap kali Anda mencuci mobil di rumah.

  • Gunakan kanebo.

Untuk membersihkan mobil dan mengoleskan shampoo, gunakan kanebo yang memiliki daya serap tinggi serta halus untuk body mobil.

  • Usap semua bagian eksterior mobil.

Bersihkan semua bagian luar mobil sehingga terkena cairan shampoo untuk mengangkat nodanya.

  • Bilas kembali hingga shampoo bersih.

Jangan lupa untuk memastikan semua bagian shampoo terbilas sempurna untuk mencegah bercak pada mobil Anda.

  • Gunakan pengkilat cat.

Jika perlu tambahkan wax untuk memberi kilap pada cat mobil Anda.

  • Panaskan mobil.

Setelah dicuci, panaskan mobil dengan cara menghidupkannya sebentar. Selain itu memanaskannya di luar rumah juga memberi kesempatan agar air pada mobil cepat mengering.

  • Gunakan cover mobil.

Saat mobil tidak digunakan tutuplah dengan memakai cover mobil sesuai dengan jenisnya.

 

Cara-cara di atas jika dilakukan secara rutin dapat membuat mobil Anda bersih seperti baru keluar dari jasa pencucian mobil komersial. Namun jika mobil dilihat sangat kotor dengan banyak lumpur atau kotoran yang menempel, sebaiknya dicucikan di tempat pencucian mobil khusus jika agar bisa dibersihkan menggunakan sarana yang lebih memadai. Lakukan cuci mobil minimal seminggu sekali untuk mendapatkan bersih yang sempurna.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *