Tips Membersihkan Noda di Jok Mobil dengan Mudah dan Cepat

Perawatan mobil memang biasanya dilakukan setiap akhir pekan, tidak habis di salon mobil atau car wash, lakukan sendiri di rumah untuk mengisi akhir pekan dan berhemat budget. Bersihkan saja bagian interior mobil Toyota sehingga memberikan kenyamanan pengendara dan penumpang lainnya. Apalagi di bagian jok mobil, buatlah senyaman mungkin agar bisa tetap enak digunakan perjalanan panjang. Banyak terdapat bercak noda, biasanya karena banyak hal, semua kotoran ini tetap bisa dibersihkan dan terlihat baru dan wangi.

Membersihkan dengan penyedot debu memang paling tepat, ini akan membersihkan hingga ke sela bagian kecil sekalipun. Apalagi jika sering membawa anak kecil yang membawa makanan, remahan inilah yang memancing munculnya kutu dan semut di jok mobil. Mencuci secara langsung tentu akan sulit, karena harus membongkar semuanya dan tidak mungkin menjemur mobil di bawah terik matahari dalam waktu lama. Berikut ini beberapa solusi membersihkan noda di jok mobil Toyota secara cepat dan mudah:

 

  • Noda bekas tinta. Anda suka membawa pekerjaan di rumah karena malas lembur di kantor, biasanya untuk menghilangkan kebosanan karena macet, memilih melihat lagi pekerjaan ada dan menandai di beberapa bagian menggunakan pulpen. Biasanya punya kecenderungan melempar pulpen saat mobil mulai bergerak sehingga tidak sengaja terkena coretan tinta, cukup mudah menghilangkan noda tinta. Bisa menggunakan hairspray atau parfum yang mengandung alcohol, gosok dengan kain yang dipercikkan air, usapkan hanya dibagian goresan saja sehingga tidak meluas ke bagian lainnya.
  • Noda bekas makanan. Inilah bekas noda yang banyak di jok mobil, apalagi di bagian belakang. Penumpang banyak yang makan di dalam mobil, sisa remahan makanan biasanya akan tertinggal dan tergosok pada jok mobil. Gunakan larutan pengencer cat, tapi lihat dulu kain jok mobil yang digunakan. Untuk bahan kulit tidak masalah, jika bahan kain maka hati-hati saat penggosokan, hasilnya juga tergantung dari bahan jok mobil yang digunakan.
  • Noda kopi. Kebanyakan laki-laki akan menumpahkan kopi di jok mobil, karena hand holder minuman biasanya di pintu sebelah kemudi. Langkah cepat untuk membersihkan agar tidak meninggalkan noda hitam adalah menggunakan tissue basah, jangan di gosok namun tekan untuk mengangkat noda kopi tersebut. Jika masih ada sisa kehitaman, bisa menggunakan cairan pencuci piring dan bilas dengan air hangat, keringkan dengan pengering rambut dan jangan tekan terlalu dalam agar tidak gosong.
  • Noda bekas muntahan. Perjalanan jauh sering kali membuat salah satu penumpang muntah, ini bukan hanya meninggalkan noda namun juga bau tak sedap. Untuk itu, sebaiknya membersihkan terlebih dahulu sisa muntahan, gunakan lap basah. Jika memang masih bau, percikan baking soda untuk menghilangkan bau. Bisa juga menempatkan bubuk kopi dan tutup rapat mobil semalaman, ini akan menghilangkan bau tak sedap di dalam mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *