Tips Cerdas Membeli Kendaraan Diskon di Akhir Tahun

Akhir tahun memang menjadi waktu terbaik bagi masyarakat yang gemar dalam berbelanja, karena ada banyak sekali tawaran diskon gila-gilaan untuk beragam jenis produk, mulai dari produk rumah tangga, fashion, kosmetik dan juga kendaraan. Pastinya ada banyak sekali diantara Anda yang lebih senang atau memutuskan untuk membeli kendaraan baru ketika sudah memasuki akhir tahun ini bukan, mengingat tawaran harganya yang jauh lebih miring dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Hal ini sebenarnya disebabkan karena banyak diantara dealer atau toko kendaraan yang ingin mengosongkan stock gudangnya, mereka ingin mengisinya dengan stock baru di awal tahun, karena biasanya awal tahun identik dengan model-model kendaraan yang baru. Hanya saja karena baru tentunya harga juga masih tergolong tinggi, sehingga menjadi pilihan yang sangat teat bagi yang ingin membeli mobil dengan harga murah yaitu waktu pembelian adalah di akhir tahun. Hanya saja stock yang biasanya dijual dengan harga diskon sebenarnya adalah kendaraan seri lama, atau keluaran lama.

Agar tak salah pilih atau kecewa nantinya, maka berikut ini setidaknya ada beberapa tips bagi Anda yang memang ingin membeli kendaraan di akhir tahun, yaitu:

  1. Perhitungkan budget yang dimiliki dengan kendaraan yang ingin dibeli, ada masyarakat yang cenderung memilih kendaraannya terlebih dahulu sebelum melihat budget atau keuangannya, namun juga ada yang sebaliknya, yaitu mereka yang akan memperhitungkan keuangan baru nantinya akan memilih yang sesuai dengan uang yang dimiliki. Budget ini menjadi acuan penting ketika akan membeli kendaraan secara tunai.
  2. Memilih jenis pembayaran yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, khusus untuk sistem pembayaran kendaraan ini sebenarnya ada 2 jenis, diantaranya adalah kontan atau tunai dan pembayaran kredit. Keduanya bisa dijadikan sebagai pilihan Anda, tentunya hal ini kembali lagi pada budget yang dimiliki, jika ternyata nilainya tak cukup, maka mau tak mau belilah secara kredit. Hal ini akan membantu dalam mengatur keuangan jadi lebih baik.
  3. Pilih dealer dengan pembiayaan yang aman, banyak pilihan dealer yang menawarkan berbagai macam keuntungan bagi konsumennya, namun apakah semuanya akan menjamin keuntungan? Kenyataannya tidak, hal ini sangat bergantung pada tingkat kepercayaan dari masing-masing dealer tersebut.
  4. Jangan hanya beli kendaraannya, pilih juga asuransinya, untuk mengurangi resiko kerugian karena kemungkinan kecelakaan atau yang lainnya, maka selain membeli kendaraan tak kalah penting adalah dengan memilih asuransinya. Biasanya ada beberapa diantara penjual yang sekaligus menawarkan asuransi, khususnya ketika pembelian dilakukan secara kredit.
  5. Pastikan kendaraan yang dipilih sesuai dengan kebutuhan, bukan hanya membeli karena diskon, melainkan lebih penting pertimbangan kebutuhan, misalnya jenis yang dibutuhkan adalah kendaraan keluarga, maka belilah mobil keluarga.

Tips yang wajib Anda ikuti ketika ingin beli kendaraan di akhir tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *