Tips Aman Mengemudi di Malam Hari

Ada kalanya Anda akan mengemudi di malam hari yang sudah tentu butuh teknik berbeda dibandingkan saat mengemudi di siang hari. Mengemudi di waktu malam memang memiliki resiko lebih tinggi tatkala dikaitkan dengan kondisi pencahayaan yang minim. Meskipun nantinya kondisi jalan raya akan lebih lengang karena malam hari bukanlah jam sibuk. Alhasil banyak orang yang salah kaprah mencoba tancap gas demi memanfaatkan lengangnya kondisi jalan, padahal bisa memicu kecelakaan. Maka sebelum mengemudi di malam hari ketahui tekniknya dengan baik.

Entah pengemudi pria maupun wanita dijamin akan melakukan kegiatan mengemudi di malam hari, entah karena terbentur dengan jam lembur atau ada urusan mendadak. Supaya perjalanan aman dan nyaman simak dulu beberapa tips berikut ini:

  • Pastikan kaca mobil benar-benar bersih,

Mengemudi di waktu malam memberikan batasan bagi indra penglihatan untuk menengok kondisi jalan lebih jauh. Minimnya penglihatan menuntut Anda untuk memperhatikan kebersihan kaca mobil supaya benar-benar bersih sebelum dibawa bepergian. Kaca yang bersih membantu mengoptimalkan jarak pandang sehingga terhindar salah ambil jalur.

  • Body mobil pun pastikan dalam kondisi bersih,

Selain memperhatikan kebersihan kaca mobil sepertinya Anda pun wajib sekali untuk memastikan body mobil dalam kondisi bersih pula. Apa pengaruhnya? Tentunya akan berpengaruh, sebab minimnya cahaya alami saat malam membuat kondisi jalan hanya bisa terang oleh cahaya lampu di jalanan. Ketika body mobil kotor tertutup debu misalnya maka kemampuannya memantulkan cahaya menjadi terbatas. Bisa jadi pengemudi lain tidak melihat mobil Anda dan menabraknya.

  • Gunakan lampu dengan kualitas baik,

Sorot lampu mobil akan membantu melihat kondisi jalan dengan baik sehingga tahu ada mobil lain di depan atau tidak. Kemudian bisa tahu kapan jalanan mulai berbelok, lurus, dan sebagainya dengan mudah sehingga lewat lampulah pengemudi bisa mengatur kecepatan dengan tepat. Maka wajib sekali memastikan memakai lampu mobil dengan kualitas baik supaya kualitas cahaya yang dihasilkan lebih memuaskan. Anda pun tidak terganggu dengan indra penglihatan karena sorot lampu nampak terang dan jelas, mengemudi di malam hari pun tetap aman.

  • Pastikan semua lampu mobil berfungsi baik,

Selain memperhatikan lampu depan untuk kenyamanan mengamati kondisi jalan saat melajukan mobil di waktu malam. Anda pun baiknya tidak terlupa untuk mengecek kondisi lampu di bagian lain, terutama lampu belakang yang berwarna kemerahan. Lampu ini berfungsi memberi tanda bagi pengguna jalan di belakang untuk mengetahui posisi mobil Anda. Sehingga tidak asal disruduk seperti banteng di arena matador, Anda pun bisa berbelok dengan aman di tengah jalan dengan menyalakannya. Maka jangan hanya fokus di lampu depan namun belakang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *