Simak Beberapa Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Mobil Bekas

Membeli mobil baru memang memberikan berbagai macam keuntungan mulai dari adanya jaminan kondisi mobil yang sempurna hingga menambah kebanggaan karena mempunyai mobil baru. Namun dibalik hal ini, pasti terdapat beberapa sisi negatif seperti penyusutan harga jual. Penurunan harga bisa mencapai 10 hingga 20 persen per tahunnya. Oleh sebab itu banyak orang yang lebih memilih cara lain untuk memperoleh mobil dengan kualitas baik namun bukan mobil baru, pilihannya adalah mobil bekas dengan usia penggunaan yang belum terlalu tua. Ketika akan melakukan pembelian mobil bekas, ada pertimbangan yang harus Anda lakukan.

Pertama, pilih membeli dengan secara tunai atau kredit? Membeli dengan cara tunai bisa memberikan keuntungan karena Anda tidak perlu bingung untuk memikirkan cicilan setiap bulan. Kondisi yang perlu diperhatikan saat ingin membeli mobil dengan cara tunai ialah dana yang Anda miliki dan kondisi pendapatan yang harus bisa menyokong kebutuhan hidup. Jangan sampai sesudah melakukan pembayaran mobil yang Anda inginkan, tabungan Anda habis serta pendapatan masih kurang untuk menutupi berbagai kebutuhan. Jika dana memang belum ada, Anda bisa memilih membeli mobil dengan cara kredit.

Kedua, mempunyai asuransi. Asuransi begitu penting untuk mobil agar kendaraan Anda dilindungi secara finansial jika terjadi hal yang tidak kita inginkan. Pastikan mengetahui jika mobil yang dibeli sudah diasuransikan pemilik sebelumnya. Jika ini terjadi, ini bisa menjadi keuntungan untuk Anda. namun jika pemilik yang sebelumnya tidak menggunakan asuransi, Anda bisa segera mengasuransikannya. Agar tidak perlu keluar biaya perbaikan, apalagi membutuhkan jumlah yang cukup besar, Anda harus ingat bila mobil adalah aset bergerak dengan harga yang mahal.

Ketiga, kondisi fisik mobil. jangan membeli mobil yang memiliki kondisi fisik kurang dari 80% mobil baru. Bukan hanya sekedar masalah tampilan, namun hal ini akan mempengaruhi biaya yang harus Anda keluarkan selain biaya beli. lakukan cek fisik mobil bersama orang berpengalaman seperti montir yang Anda percayai atau teman Anda. Anda juga bisa menghubungi pihak lain, pastikan kembali bila tidak mengeluarkan banyak uang untuk perbaikan karena akan mempengaruhi kemampuan ekonomi kedepannya. Bila tidak mempunyai kemampuan yang cukup baik melihat kondisi kendaraan, Anda bisa meminta bantuan pada orang yang memiliki kemampuan di bidang ini.

Membeli mobil bekas memiliki banyak keuntungan. Selain itu cermat dalam memilih mobil bekas menjadi sebuah anjuran utama sehingga kita tidak akan keluar biaya yang terlalu berlebihan saat waktu rusak datang. Pembelian mobil bekas bukan hanya dilihat dari segi murah, namun dilihat dari segi kelengkapan kendaraan, kondisi fisik yang dimiliki kendaraan hingga surat-surat kendaraan. jangan sampai Anda melakukan pembelian mobil yang tidak memiliki surat-surat atau mobil bodong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *