Pahami Masalah Umum yang Terjadi Pada Sebuah Mobil Tua

Mempunyai sebuah mobil itu tidak hanya cukup bisa mengendarainya saja, tetapi Anda juga harus paham terlebih dahulu kemungkinan masalah-masalah apa yang bisa terjadi ketika mobil itu digunakan. Apalagi jika Anda memilih jenis mobil tua yang pada umumnya kondisi mesin dan juga kelistrikan yang ada didalamnya sangat riskan mengalami kerusakan. Dengan sudah memahami hal tersebut Anda juga bisa meminimalisir dengan melakukan perawatan yang tepat. Selain itu, ketika Anda akan pergi ke bengkel juga memahami baik kondisi apa yang menjadi keluhan untuk diperbaiki.

Sebenarnya pengetahuan mengenai mesin mobil pribadi sendiri itu akan memberikan banyak keuntungan. Misalnya saja ketika pergi ke bengkel, Anda yang paham akan permesinan dan kerusakan akan tidak mudah menjadi korban penipuan para oknum bengkel yang nakal. Dan hal itu sebaliknya terjadi pula pada mereka yang kurang memahami mengenai permesinan. Nah, berikut ini ada beberapa kerusakan yang paling umum pada mobil tua disertai dengan penyebabnya yaitu:

  • Mesin yang sulit dihidupkan di pagi hari.

Sebenarnya jika dilihat ini merupakan masalah umum yang sering dialami oleh para pemilik mobil. Dan penyebab terjadinya hal itu sendiri bukan hanya satu faktor saja tetapi bisa dari berbagai kemungkinan. Yang pertama adalah karena kurang adanya tegangan arus listrik pada bagian terminal aki yang kotor, berkarat atau bisa juga kendur. Mungkin juga karena adanya masalah pada bagian injector dari bahan bakar mobil, misalnya jarak antara busi dan sumbu yang renggang, regulator bahan bakar mengalami kerusakan ataupun lainnya.

  • Mesin yang sulit menyala saat mesin terlalu panas.

Sebagai pecinta mobil tua pasti sekarang melakukan perjalanan touring dengan anggota komunitas lainnya. Dan untuk masalah selanjutnya ini bisa disebabkan oleh mesin yang terlalu panas dan akhirnya susah untuk dinyalakan kembali. Salah satu penyebab dari mesin ini sendiri bisa dari kompresi silinder yang rendah, masalah choke atau bagian injector yang kotor dan tersumbat.

  • Mesin tersendat-sendat.

Apakah Anda pernah mengalami hal seperti ini? Sebenarnya pada mobil tua masalah seperti ini sudah sering terjadi. Anda bisa meminimalisir dengan perawatan yang tepat, cek pada bagian busi yang mungkin sudah aus, adanya kebocoran, bahkan bakar yang ada kotoran sehingga tersumbat dan tidak membuat lancar atau bisa juga masalah lainnya.

Sebenarnya masih ada beberapa masalah umum lagi pada mobil tua, tetapi apapun masalah tersebut jika Anda bisa meminimalisir dengan perawatan yang tepat tentunya tidak akan terjadi. Makanya penting mengetahui beberapa kendala umum, paling tidak mengetahui sedikit dan analisa penyebab kerusakan pada mobil tua Anda. Semoga sedikit penjelasan diatas bisa memberikan manfaat untuk Anda yang mulai mencintai dunia otomotif, terutama mobil tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *