Menilik Cara Teraman untuk Membersihkan Mesin Mobil Anda

Seringkali pemilik mobil terlalu fokus dengan penampilan luar dari mobil dan lupa akan keadaan mesin mobilnya. Sebenarnya, mesin mobil haruslah bersih demi membuat mesin tahan lama dan tidak sering rusak. Membersihkan mesin mobil tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Pemilik harus membersihkan secara hati-hati terutama pada bagian yang sensitif bila terkena air, seperti sensor, acu, dan kabel-kabel yang ada pada mobil. Anda dapat membersihkan mesin mobil sendiri dirumah tanpa membawanya ke bengkel atau tempat khusus untuk membersihkan mesin mobil. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan saat membersihkan mesin mobil:

 

  • Memeriksa Aliran Listrik Mobil

Sebelum Anda mulai membersihkan mesin, Anda harus memeriksa apakah ada arus listrik atau sudah mati sepenuhnya. Hal ini sangatlah penting! Jika Anda lupa untuk memeriksanya, maka hal ini sangat berbahaya, terutama apa bila terkena air. Maka hal ini bisa menyebabkan kecelakaan yang akan sangat fatal bagi Anda. Selain itu, sebelum membersihkannya Anda harus menyalakan mesin mobil terlebih dahulu supaya kerak-kerak yang menempel di mesin dapat lepas.

 

  • Bungkus Bagian Sensitif dengan Plastik

Setelah Anda memanaskan mobil dan juga memeriksa aliran listrik pada mobil, lebih baik Anda membungkus bagian-bagian sensitive tersebut dengan menggunakan plastik. Hal ini diperlukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan melindungi bagian tersebut dari air saat dibersihkan. Selain plastik, Anda juga dapat menggunakan bahan lain seperti alumunium foil atau bahan lainnya yang dapat menutup dan menjaga bagian tersebut dari air.

 

  •  Bersihkan Bagian yang Mudah Terlebih Dahulu

Setelah membungkus bagian-bagian sensitif agar tidak kemasukan air, Anda sudah bisa memulai membersihkan mesin mobil. Karena di dalam mobil ada begitu banyak mesin dan Anda pun akan kesulitan untuk menentukan mana yang harus dibersihkan terlebih dahulu. Maka Anda bisa memulainya dari bagian yang paling mudah dibersihkan seperti bagian bawah kap mobil. Anda bisa membersihkannya dengan air, namun tidak dianjurkan menyiram atau menyemprotnya keras-keras atau dalam tekanan tinggi. Setelah itu Anda bisa mulai membersihkan ke bagian inti menggunakan pembersih mesin. Semprotkan pembersih tersebut ke mesin lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, Anda dapat memakai kuas untuk meratakan cairan ke seluruh mesin mobil Anda.

 

  • Bilas

Setelah itu, Anda harus membilas cairan pembersih yang digunakan. Untuk menjaga agar air tidak mengalir ke bagian lain, Anda dianjurkan untuk menggunakan sebuah spray. Saat menyemprotkan air dengan spray, Anda harus mengelap noda yang ada di mesin mobil dan jika ada noda yang sulit dibersihkan, gunakan sikat dan sabun colek. Tetapi, Anda juga harus hati-hati saat menyikat dengan sabun colek karena sabun tersebut dapat merembes kedalam sistem listrik mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *