Menilik Beberapa Resiko Kredit Mobil yang Perlu Anda Pertimbangkan

Mobil sudah menjadi kebutuhan untuk semua orang. Memang dapat disadari jika kenyamanan dalam mobil memberikan nilai lebih pada kendaraan roda empat ini. Dalam hal pembelian mobil sendiri, umumnya masyarakat lebih memilih pembelian secara kredit dimana lebih memudahkan dan tidak butuh modal yang terlalu banyak. Tak heran jika pembelian dengan kredit begitu diminati oleh masyarakat masa kini.

Sebelum Anda kredit mobil, ada baiknya Anda memikirkan hal ini sebelumnya sehingga tidak gegabah:

  • Kebutuhan akan mobil setiap orang pastilah berbeda-beda. Oleh karena itu pastikan hanya memilih mobil sesuai kebutuhan Anda misalnya kebutuhan keluarga, pekerjaan atau aktivitas harian yang bisa disesuaikan.
  • Ketika memang sudah mantap dalam membeli mobil, maka ada baiknya memilih mobil yang dibanderol dengan harga yang sesuai dengan kemampuan Anda. Tak dipungkiri dengan banyaknya mobil yang tersedia di pasaran, maka menjadikan varian harga mobil pun beragam. Tapi jangan sampai membeli dengan harga terlalu mahal karena bisa menjadikan Anda keberatan dalam hal keuangan.
  • Sesudah itu, lanjutkan dengan memilih perusahaan leasing yang memang terpercaya jika Anda memutuskan membeli secara kredit. Cari juga dealer yang sesuai. Anda bisa mensurvey satu per satu sehingga bisa dipilih perusahaan mana yang tepat untuk Anda. Perusahaan dengan uang muka dan bunga ringan tentu harus jadi pilihan.
  • Lanjut dengan masalah keuangan yaitu wajib mengetahui skema dari kredit dengan tepat. Pastikan jika Anda bisa mengetahui berapa nominal cicilan, tentukan jangka waktu dan patuhi semua aturannya. Persiapkan juga biaya untuk uang muka dan juga biaya administrasinya.

Meski memang terkesan mudah dalam kredit mobil di era yang sudah modern seperti masa kini, namun bukan berarti kredit mobil tanpa resiko sama sekali. Berikut ini beberapa resiko kredit mobil yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk kredit mobil:

  • Harga mobil pastinya akan jadi lebih mahal ketika kredit mobil. Hal ini sangat wajar karena pihak lembaga keuangan pun tentu butuh keuntungan. Tak hanya dari segi bunga saja, namun biaya asuransi hingga biaya admin dan biaya sanksi juga bisa Anda dapatkan selama kredit.
  • Adanya kemungkinan tidak bisa membayar cicilan menjadi momok tersendiri yang menakutkan mengingat kondisi keuangan setiap orang yang tak selalu stabil. Jika Anda tidak mampu membayar, maka resiko berikutnya tentu mobil akan disita atau Anda harus menjualnya demi bisa membayar cicilan tersebut.

Dengan mengetahui resiko yang akan Anda hadapi nantinya, maka Anda tentu bisa mempertimbangkan lagi dengan masa ke depannya. Hal ini lantaran banyaknya orang yang kredit mobil namun tidak memahami kondisi keuangan dan seolah memaksakan dirinya. Tak heran jika banyak sekali kasus kredit macet yang dialami oleh masyarakat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *