Mengulas Tentang 4 Penyebab Cat Mobil Cepat Memudar

Apa yang Anda pertimbangkan sebelum membeli sebuah mobil? Apakah model mobil, warnanya atau merek mobil itu sendiri? Semua alasan tersebut bisa menjadi benar, tergantung pada kebutuhan dan keinginan si pemiliknya. Dalam memilih mobil seseorang biasanya akan memperhitungkan kebutuhan mobil itu sendiri. Jumlah anggota keluarga pun kerap menjadi pertimbangan tersendiri, terutama saat ingin memilih mobil berukuran kecil. Selain itu adapula orang yang memang memilih mobil dengan warna tertentu.

Warna mobil yang cerah atau netral dirasa sangat cocok untuk melengkapi kenyamanan sebuah mobil. Mobil berwarna indah tak selamanya terlihat menawan jika tak dirawat dengan benar. Bagaimanapun kondisi mobil itu, jika warna catnya sudah memudar tentu sudah tak enak dipandang lagi. Untuk menjaga warna cat mobil tetap indah dan tak gampang memudar, berikut ini penyebab cat mobil lebih cepat memudar, yaitu:

  • Air

Masih banyak orang yang menganggap air ampuh menghilangkan kotor dan debu pada bodi kendaraan. Benar memang, tetapi Anda tetap harus sesegera mungkin mengelap permukaan kendaraan yang basah oleh air. Pastikan semua bodi kendaraan sudah kering tanpa meninggalkan bekas basah di atasnya. Cat mobil yang sering di tinggal dalam keadaan basah lebih mudah memudar daripada mobil yang dikeringkan dengan sungguh-sungguh.

  • Debu

Selain terlihat kusam, mobil berdebu pun bisa meninggalkan kesan kotor pada cat mobil. Anda tentu paham benar bagaimana jeleknya bodi mobil yang tertutup debu tanpa dibersihkan. Mobil berdebu memang butuh dibersihkan sesegera mungkin, tetapi harus dengan cara yang benar. Salah membersihkan akan berakibat pada kerusakan cat mobil serta menciptakan baretan atau goresan. Cara teraman untuk membersihkan mobil berdebu adalah menyemprotkan air bertekanan tinggi ke atasnya. Setelah itu lap menggunakan kain bertekstur lembut, seperti kanebo.

  • Getah pohon

Memarkir mobil dibawah sinar matahari langsung memang tidak dianjurkan, tapi bukan berarti Anda bisa memarkir mobil sembarangan. Getah pohon dengan mudah akan menempel pada bodi kendaraan dan sangat sulit dihilangkan. Sifatnya yang lengket akan menyulitkan Anda saat sudah terlanjur kering. Beberapa kasus menunjukkan bahwa getah pohon ternyata mampu merusak cat mobil, meskipun sudah dipoles berulang kali. Oleh karena itu, sebaiknya berhati-hati sebelum Anda memutuskan memarkir mobil dibawah pohon tanpa penutup atau sarung.

  • Kotoran hewan

Jangan menunggu hari esok untuk membersihkan kotoran hewan yang menempel di atas mobil. Pasalnya kotoran hewan mengandung senyawa kimia yang dapat memudarkan bahkan merusak cat mobil. Mungkin di awal hanya terlihat seperti bercak atau sisa noda menempel, tapi lama-kelamaan akan membuat cat mobil mengelupas. Cara membersihkan kotoran hewan tak begitu sulit, sama seperti mencuci mobil pada umumnya. Gunakan semprotan air lalu lap sampai bersih menggunakan kanebo kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *