Mengintip 4 Faktor yang Membuat Kaca Mobil Mudah Berjamur

Pemilik mobil tentu dibuat geram sekaligus gemas oleh jamur pada kaca mobil kesayangannya, sehingga tidak lagi berkilau dan malah cenderung kotor. Jamur ini bisa berbentuk seperti bintik-bintik putih di lapisan kaca mobil, baik di bagian depan maupun kaca mobil di bagian lainnya. Kemunculannya tentu mengurangi kualitas dari kaca mobil Anda dan kalau dibiarkan akan semakin melebar sehingga seluruh kaca mobil menjadi buram. Membersihkan jamur ini memang tidak cukup mencucinya dengan sabun mobil biasa, Anda butuh teknik khusus.

Misalnya dengan memakai pasta gigi atau bahan jenis lain yang disinyalir mampu mengusir jamur tersebut. Namun apa sebenarnya penyebab jamur kaca mobil ini muncul? Rupanya ada beberapa hal yang memicu jamur kaca mobil ini untuk muncul, diantaranya adalah:

  • Perubahan cuaca secara drastis,

Ketika berkendara dengan mobil kesayangan bisa jadi Anda akan menjumpai perubahan cuaca secara drastis. Misalnya ketika keluar dari rumah cuaca cukup terik namun setelah sampai setengah jalan malah turun hujan deras. Kondisi seperti ini ternyata mampu memicu jamur kaca mobil, maka usai mengalaminya segera cuci mobil Anda.

  • Memarkir mobil di area yang lembab,

Kalau selama ini Anda lebih sering menaruh mobil di tempat yang lembab otomatis pertumbuhan jamur kaca mobil akan meningkat. Usahakan untuk selalu memarkir mobil di tempat yang teduh namun tetap kering. Misalnya di bawah pohon yang sejuk namun jauh dari saluran pembuangan air, begitu pula saat memarkir mobil di parkiran dalam gedung. Kondisi lembab membuat kaca mobil ikut lembab sehingga memicu jamur untuk tumbuh di atasnya.

  • Mencuci mobil padahal cuaca tengah terik,

Ketika mencuci mobil pastikan udaranya sejuk atau cuacanya tidak terlalu panas, sehingga ideal sekali dilakukan di pagi hari. Kecuali di musim penghujan mungkin tidak menjadi masalah mencucinya di tengah hari, dengan catatan cuaca tengah mendung atau berawan. Namun kalau cuaca cukup terik baiknya tunda dulu keinginan Anda untuk mencuci mobil karena bisa membuat kaca mobil berjamur. Sebab dari yang tadinya panas malah tersiram air dan menjadi lembab seketika sehingga cocok menjadi tempat jamur tumbuh.

  • Memakai air yang kurang bagus saat mencuci mobil,

Ketika mencuci mobil dan ternyata air yang digunakan mencuci kualitasnya kurang bagus sudah tentu akan memicu pertumbuhan jamur kaca mobil. Maka penting sekali untuk memperhatikan kualitas air yang akan digunakan untuk mencuci mobil, semakin bersih semakin baik. Sebab bisa menjadikan mobil bersih maksimal dan menghindari kemungkinan kacanya jamuran sehingga kinclongnya terlihat lebih maksimal. Kalau air di rumah kurang bagus untuk mencuci mobil maka kunjungi tempat cuci mobil yang airnya memang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *