Mengenal Alat Keamanan Mobil yang Biasa Digunakan

Memiliki sebuah mobil merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang yang memilikinya. Oleh karena itu merawat dan menjaga mobil merupakan hal yang tak pernah tertinggal dan harus selalu dijaga para pemiliknya. Salah satu cara yang selalu digunakan oleh para pemilik mobil untuk menjaga keamanan mobil agar jauh dari tangan pencuri yang tidak bertanggung jawab adalah dengan memberikan alat keamanan mobil yang optimal. Lalu seperti apa sajakah alat keamanan tersebut? Berikut sedikit ulasan mengenai alat tersebut.

Alat keamanan pertama yang harus Anda pasang pada mobil adalah alarm mobil, alat ini sangat efektif untuk membuat pencuri kaget ketika melakukan aktivitasnya. Dengan suara yang nyaring alat ini mampu membuat kaget para pencuri yang akan melakukan aktivitasnya. Sistem kerja alat ini adalah menggunakan sensor sentuh, dimana ketika mobil dipegang oleh orang yang tak dikenal maka alarm akan mengeluarkan bunyi yang nyaring untuk memberikan tanda kepada pemiliknya, bahwa mobil tersebut dalam keadaan tidak aman.

Alat keamanan lain yang dapat Anda jadikan sebagai pengaman pada mobil adalah kunci pengaman stir, kunci ini berbentuk tongkat panjang dengan kunci pengait didalamnya. Sistem kerja dari pengunci stir ini adalah mengaitkan bagian stir mobil dengan bagian bawah mobil seperti pedal gas ataupun kopling, sehingga mobil tidak dapat digerakkan oleh siapapun ketika stir dikunci. Alat pengaman ini sangat efektif digunakan karena mampu mencegah pencuri yang akan melakukan aksinya.

Alat keamanan mobil lain yang menggunakan basic teknologi pun dapat Anda gunakan, untuk mencegah terjadinya pencurian dan hal-hal yang tidak diinginkan. Beberapa alat pengaman dengan basic teknologi, antara lain adalah:

  • Global Positioning System atau yang lebih dikenal dengan GPS adalah sebuah alat yang menggunakan sistem teknologi satelit, dimana cara kerja dari alat ini adalah sebagai navigasi ataupun pelacak keberadaan. Alat ini sangat cocok dipasang didalam mobil untuk mengetahui keberadaan mobil apabila terjadi sebuah pencurian.
  • Action camera, kamera ini biasanya diletakkan di dalam mobil untuk mengetahui hal-hal yang terjadi disekitar mobil, kamera ini dapat diintegrasikan dengan smartphone yang Kita miliki sehingga setiap saat Kita dapat mengontrol kondisi dan keberadaan mobil yang Kita miliki.
  • Chip kontak, adalah chip diselipkan didalam kunci mobil, sehingga hanya kunci tersebutlah yang dapat membuka mobil yang Anda miliki. Sistem kerja dari chip ini adalah dengan menggunakan sensor gelombang yang dipancarkan oleh chip tersebut.

Selain beberapa alat diatas, anda juga dapat memasang kunci roda yang didesain khusus untuk mengkait velg pada mobil, sehingga mobil tidak dapat digerakkan. Alat ini memang memberikan sedikit kesulitan ketika Kita mengaplikasikannya, namun alat ini pun terbukti sangat efektif untuk mencegah terjadinya pencurian mobil di rumah maupun di tempat umum.

Itulah beberapa alat keamanan mobil yang mungkin dapat Anda pilih dan Anda pasang pada mobil yang Anda kendarai. Namun demikian kewaspadaan dari para pemilik mobil merupakan hal utama yang harus selalu dijaga. Jangan pernah meletakkan barang-barang berharga seperti laptop, handphone ataupun barang berharga lain didalam mobil, karena hal tersebut dapat memicu orang untuk melakukan pencurian. Apabila Anda memarkir mobil Anda di area parkir umum, maka sebaiknya Anda membawa karcis parkir yang telah Anda terima dan jangan sesekali meletakkan karcis tersebut didalam mobil, karena hal tersebut akan mempermudah pencuri ketika melakukan aksi jahatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *