Mengecek 5 Hal Ini Sebelum Travelling dengan Mobil Pribadi, Agar Perjalanan Lebih Aman

Akhir tahun menjadi waktu yang paling tepat membangun quality time bersama dengan keluarga, mengingat jika dilihat ada banyak sekali tanggal merah yang menandakan hari libur, baik itu untuk perkantoran maupun instansi pendidikan yang ada di dalam negeri. Tentunya bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk berwisata bersama. Tak perlu mendatangi obyek wisata yang jauh. Karena ada banyak tempat wisata dalam negeri yang menarik untuk dikunjungi. Pastinya bisa menekan angka pengeluaran yang lebih besar bukan.

Apalagi jika memiliki kendaraan sendiri, maka bisa berhemat untuk biaya transportasi, cukup dengan mengisi bahan bakar saja, semua anggota keluarga juga bisa merasakan perjalanan tersebut. Tentukan terlebih dahulu obyek wisata manakah yang ingin Anda jadikan sebagai pilihan. Kemudian siapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk menunjang liburan Anda dan jangan lupa mengecek kondisi kendaraan. Meskipun sepele hal ini sangat penting guna menunjang keamanan dan juga kenyamanan selama berkendara.

Tak sedikit diantara wisatawan yang harus mengalami kecelakaan karena hal-hal sepele, seperti menggunakan kendaraan yang sebenarnya memang tak layak jalan, atau beberapa bagian mengalami masalah. Berikut ini langkah-langkah pengecekan mesin mobil untuk lebih aman dalam travelling:

  1. Cek kondisi oli kendaraan, pemulas ini juga berperan penting dalam menunjang performa mesin, jika berada dibawah garis F maka kendaraan sudah siap untuk digunakan travelling, namun jika seandainya kondisinya sudah jauh dari garis F bahkan ada di batas akhir garis L maka sudah habis dan patut diisi kembali.
  2. Memeriksa radiator, bagian yang satu ini juga tergolong sangat penting, karena tak jarang kondisi selangnya pecah di tengah jalan, bahkan juga radiator yang bocor, tentunya akan sangat menghambat waktu perjalanan Anda, bahkan bisa jadi liburan akan di cancel.
  3. Cek pendinginan mesin, mobil mogok di tengah jalan pastinya bukan hal yang baru lagi Anda rasakan bukan. Kondisi semacam ini faktanya sudah sering kali terjadi disebabkan oleh bagian pendingin yang tidak bekerja secara maksimal, menyebabkan mobil tersebut mengalami panas yang tinggi atau overheating hingga akhirnya mati.
  4. Cek kondisi ban dan bawa ban cadangan, bagian yang paling riskan mengalami masalah, apalagi ketika digunakan untuk berkendara jarah jauh adalah ban mobil, biasanya bocor atau juga meledak, untuk itu selalu disiasati dengan ban cadangan, pastikan tekanan udara didalam juga terisi normal. Jangan gunakan ban yang sudah sangat tipis.
  5. Rem masih dalam kondisi yang baik, rem blong menjadi hal yang sering kali tidak disadari dan menyebabkan kecelakaan. Biasanya hal ini memang terjadi secara mendadak untuk itu jauh-jauh hari sudah melakukan service untuk cek kondisinya guna keselamatan bersama.

Setidaknya lakukan pengecekan tersebut untuk menunjang keamanan perjalanan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *