Kredit Mobil Anda Macet? Inilah Beberapa Alternatif Solusinya!

Mobil kini memang sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Bahkan kadang, banyak yang tak membutuhkan mobil pun tetap saja berusaha membelinya. Jika memang tidak bisa secara tunai, maka membeli mobil secara kredit juga bisa dilakukan. Membayar cicilan dirasa lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan membeli mobil secara tunai yang harus menyerahkan uang sebanyak ratusan juta dalam sekali pembayaran.

Jika dilihat sekilas saja, maka kredit mobil memang terlihat memudahkan dan menyenangkan. Namun jangan lupa jika kredit mobil berarti Anda akan dibebani hutang selama beberapa tahun ke depan. Jika tidak berpikir secara matang, maka kredit mobil bisa jadi bumerang bagi diri Anda. Karena alasan inilah, tak heran jika banyak sekali orang yang kredit mobil mengalami kemacetan dalam pembayaran. Jika Anda juga sedang mengalami hal demikian, maka berikut ini beberapa pilihan alternatif untuk solusi kredit yang macet :

 

  • Lakukan restrukturisasi

Restrukturisasi adalah penyusunan ulang. Oleh karena itu Anda sebagai konsumen bisa kembali menyusun sistem kredit yang sudah disetujui sebelumnya. Dengan pengubahan ini, bisa dilakukan perubahan di jangka waktu pembayarannya, fasilitas hingga suku bunga. Nantinya Anda pun bisa meminta agar kreditur memberikan keringanan bunga sehingga pembayaran pun jadi lebih ringan. Selain biayanya yang lebih ringan, jangka waktu kreditnya juga bisa diperpanjang. Hal ini bisa di negosiasikan secara langsung kepada pihak kreditur.

 

  • Ajukan refinancing

Kadang cara restrukturisasi ini kurang efektif dilakukan sehingga bisa juga memilih opsi dengan refinancing. Berbeda dari sistem sebelumnya yang hanya diubah, untuk sistem yang satu ini bisa dimulai dari awal lagi. Cicilan Anda akan kembali diperhitungkan sehingga bisa membuatnya lebih kecil dan ringan. Selain itu nantinya Anda akan bisa mendapatkan tambahan modal sebesar maksimal 80% dari harga mobil yang bisa dijadikan modal usaha atau keperluan lainnya. Sekilas memang seperti memberatkan karena menambah hutang, namun setidaknya Anda bisa mendapatkan cicilan lebih kecil.

 

  • Over kredit

Over kredit adalah jalan yang dipilih orang jika sudah buntu dengan semuanya. Jika memang keuangan Anda sedang kacau sekali dan memang sudah putus asa tidak dapat membayar cicilan mobil, maka Anda bisa melakukan jalan terakhir dengan over kredit mobil itu. Memang cara ini menjadikan harga mobil jadi jauh lebih murah, tapi memang cara ini adalah cara yang paling bisa dilakukan jika memang kondisi keuangan sedang sangat sulit dan buntu. Jadi cari orang yang mau beli mobil Anda dan gunakan untuk lunasi.

 

Pada dasarnya, kesalahan setiap orang dalam hal kredit mobil sehingga menjadikan kredit macet adalah karena gengsi terlalu tinggi sehingga tidak bisa menyesuaikan kemampuan keuangan. Jadi sebelum kredit mobil, pikirkan dengan matang dan jangan kredit jika memang merasa tidak mampu membayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *