Inilah Beberapa Komponen Mobil yang Perlu Diganti Secara Periodik

Memiliki kendaraan pribadi memang memberikan kelebihan dimana pemiliknya bisa menggunakan kendaraan tersebut untuk berbagai keperluan sewaktu-waktu tanpa terikat jadwal lainnya. Mobil menjadi kendaraan pribadi yang banyak digunakan terutama untuk keluarga besar. Dengan mobil semua anggota keluarga bisa bepergian dengan lebih nyaman dan aman dibandingkan menggunakan kendaraan umum. Akan tetapi, memiliki mobil pribadi berarti juga Anda menerima resikonya yaitu merawat dan memperbaiki semua komponen mobil untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penggunaannya.

Umumnya orang akan memperbaiki sesuatu jika sudah rusak. Namun tidak sedemikian halnya dengan kendaraan. Sebisa mungkin Anda melakukan perawatan mesin secara rutin sehingga komponen mobil bisa diganti sebelum mengalami kerusakan. Hal ini dimaksudkan agar Anda sebagai pemilik mobil dan penumpang lainnya tak perlu mengalami kendala saat menggunakan mobil akibat komponen yang tiba-tiba rusak. Hal tersebut bisa mengganggu aktifitas bahkan menyebabkan kerugian. Untuk menghindari hal tersebut, Anda sebaiknya melakukan pergantian komponen mobil sebelum masa pakainya habis. Berikut ini adalah daftar beberapa komponen mobil yang memiliki masa pakai sehingga bisa Anda jadikan pedoman ketika melakukan service.

  • Busi.

Busi berguna untuk menghidupkan mobil Anda dengan memantikkan api. Jika busi kotor maka Anda hanya perlu membersihkannya saja. Namun jika bahan busi sudah aus maka pergantian diperlukan agar mobil bisa dengan mudah dihidupkan. Gantilah busi setelah mobil menempuh perjalanan sebanyak 25.000km dan kelipatannya.

  • Aki.

Aki merupakan komponen yang penting untuk memberi sumber listrik pada mobil sehingga semua perangkatnya menyala. Dari lampu, AC hingga audio video memerlukan listrik dari AKI. Aki yang sudah mengalami masa pakai 2 atau 3 tahun sebaiknya dilakukan pergantian agar tidak mengalami hambatan dalam penggunaannya.

  • Kampas rem.

Kampas rem yang aus akan berakibat daya pengereman yang kurang maksimal. Gantilah kampas rem saat mobil sudah menginjak masa pakai 20.000km sehingga bisa tetap digunakan dengan aman.

  • Kaki-kaki mobil.

Kaki-kaki berfungsi sebagai shock breaker sekaligus memiliki peran terhadap keawetan ban. Kaki-kaki mobil yang masih baik akan memberi dukungan pada ban untuk bisa bekerja dengan baik dan tidak cepat aus. Pergantian kaki-kaki ini tak memiliki masa namun harus segera diganti saat mengalami gangguan.

  • Ban luar.

Ban luar yang masih tebal merupakan ban ideal untuk digunakan. Sebaiknya ban yang telah aus atau tipis sebaiknya segera diganti untuk keamanan berkendara. Pergantian satu ban dengan lainnya lebih baik disamakan waktunya agar tercipta kenyamanan dan keamanan.

Pergantian komponen mobil memang akan membutuhkan harga yang mahal. Namun hal tersebut penting untuk dilakukan agar kinerja mobil tetap maksimal untuk memberikan keamanan dan kenyamanan Anda dan penumpang lain. Lakukan pergantian komponen menggunakan spare part asli sesuai dengan merk mobil agar bisa bekerja dengan komponen lainnya secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *