penyebab oli mobil bocor

Ini Dia 5 Penyebab Kebocoran Oli Mobil yang Harus Diketahui

Oli merupakan salah satu bagian yang penting dari mobil karena tanpa adanya pelumas tersebut, mobil Anda akan mengalami masalah misalnya jalannya kurang mulus atau tersendat-sendat. Untuk menjaga agar kondisi oli tetap baik sehingga mobil dalam kondisi prima, maka Anda harus melakukan pergantian oli. Namun, setelah pergantian oli dan Anda mendapati oli pada mobil Anda berkurang dengan melakukan pengecekan menggunakan dipstick atau stik oli, bisa jadi bahwa terjadi kebocoran oli. 

Kebocoran oli yang ada di kendaraan roda empat Anda tersebut bisa saja terjadi karena 5 hal berikut:

  • Pertama adalah karena kerusakan yang terjadi pada silinder heat atau gasket. Kerusakan ini biasanya terjadi pada mobil lama yang sudah terpakai sehingga bagian gasket atau silinder head tersebut mudah rusak. Kerusakan tersebut terjadi karena oli yang sudah ada atau di mesin mengental dan menciptakan lumpur. Jika masalah yang biasanya menyebabkan kebocoran oli ini tidak diatasi maka bisa menyebabkan kebocoran yang semakin besar dan perbaikan yang semakin mahal.
  • Kedua adalah bak oli rusak. Saat Anda mengendarai kendaraan Anda, tidak sengaja terkena batu ataupun mengenai benda keras yang lainnya sehingga menyebabkan bak oli menjadi rusak atau bengkok di bagian bak. Karena bak tersebut bengkok maka menyebabkan penutup menjadi longgar atau bahkan rusak yang bisa menyebabkan kebocoran oli terjadi. Untuk menghindari bengkoknya bak oli tersebut Anda bisa mengendarai jalan yang halus atau menghindari kerikil dan batuan tajam misalnya lubang yang ada di aspal.
  • Ketiga adalah baut pada oli yang longgar, geser ataupun rusak. Karena oli merupakan cairan yang bisa dengan mudah keluar atau menetes maka kelonggaran sedikit apapun bisa menyebabkan oli menjadi keluar dan akhirnya mengakibatkan kebocoran. Baut oli yang longgar tersebut bisa saja terjadi karena baut yang sudah tua sehingga mudah untuk bergeser dan longgar ataupun karena penutupan atau kurang kencang saat mengecek dan memperbaiki mesin.

2 alasan lainnya mengapa oli kendaraan bisa bocor yaitu:

  • Tutup oli mesin kurang rapat atau bahkan hilang. Keteledoran sering terjadi pada masing-masing orang sehingga menyebabkan beberapa hal seperti tutup filter oli yang hilang ataupun tidak tertutup dengan rapat. Jika tidak rapat atau bahkan tutup tersebut hilang maka bisa menyebabkan oli keluar. Untuk itu, Anda harus mengecek apakah sudah menutup dengan rapat dan kencang atau belum dan melakukan pengecekan setelah Anda melewati jalan yang kurang merata ataupun melewati polisi tidur beberapa kali.
  • Kerusakan atau aus filter oli karena filter tersebut tidak diganti dalam kurun waktu yang lama ataupun bergeser. Filter oli juga bisa bergeser dan menyebabkan kebocoran oli. Solusinya, lakukan pengecekan atau service rutin untuk mobil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *