menghindari dari kriminal

Hindarkan Mobil dari Aksi Kriminalitas dengan 5 Alat Keamanan Berikut Ini!

Sudah bukan rahasia lagi jika kini aksi kriminalitas yang menyasar mobil kian merajalela mulai dari pencurian benda di dalam mobil, pengrusakan mobil hingga pencurian mobil. Tentu bagi Anda pemilik kendaraan ini juga cukup was-was karena memang angka kriminalitasnya kian tahun yang kian meningkat. Oleh karena itu, selain waspada dalam memarkir mobil, Anda juga memerlukan alat keamanan mobil tambahan sehingga dengan sistem pengamanan tersebut maka para pencuri akan berpikir panjang jika ingin menyasar mobil Anda.

Pada dasarnya alat keamanan mobil sendiri sangat banyak tersedia di pasaran dengan jenis yang berbeda-beda. Meski begitu berikut ini beberapa alat pengamanan mobil yang paling sering digunakan:

Kunci pengaman mobil

Ada beberapa jenis kunci untuk pengaman mobil yaitu:

  • Kunci setir yang merupakan salah satu pengaman mobil terbaik agar pergerakan mobil terkunci optimal. Pemasangannya adalah dengan cara dikaitkan ke stir mobil dengan komponen kopling atau gas sehingga mobil tidak bisa bergerak.
  • Kunci tuas persneling juga dibutuhkan dimana dipasang mengelilingi bagian tuas di persneling sehingga membuat tuas pun tidak bisa bergerak.
  • Kunci roda umumnya terbuat dari baja dengan mekanisme mengaitkan velg pada mobil yang menjadikan mobil tidak bisa bergerak.

Alarm

Alarm juga bisa dipasang di mobil yang berfungsi untuk memberikan bunyi peringatan jika ada gangguan pada mobil. Kini ada produk alarm yang terbaru dimana mampu mengiris sinyal ke ponsel. Jika ada sesuatu pada mobil, maka pemilik mobil pun mampu bertindak lebih cepat untuk mengatasi kejadian yang ada.

Immobilizer

Immobilizer merupakan salah satu jenis alat pengaman mobil dimana sistem pengamannya pun ditempatkan pada mobil. Caranya adalah dengan mencocokkan kode kunci pada kode di perangkat mobil sehingga apabila kode tidak sama, mobil tidak akan bisa menyala.

GPS pengaman

Penempatan GPS pada mobil akan mampu meminimalisir resiko pencurian terhadap mobil. Jika memang terjadi pencurian, maka Anda akan mampu mendeteksi secara mudah. Cukup mencari posisi mobil di koordinat GPS sehingga Anda bisa tahu dimana letak mobil berada.

Chip Kontak

Untuk sistem keamanan yang ada di chip kontak adalah dengan memanfaatkan sensor yang bisa membaca kunci kontak pada mobil. Pada pemasangan sensornya yang ada di kap mobil, maka jika kap mobil dibuka secara paksa, akan muncul tanda alarm yang berbunyi yang mampu menjadikan pemilik mobil kian waspada dan bertindak secara cepat. 

Pada dasarnya setiap mobil sudah memiliki sistem keamanan dari pabriknya. Namun pencuri pun kini kian lihai sehingga pemilik mobil juga harus cerdas menyikapinya dengan menambahkan alat keamanan tambahan. Anda bisa memasang semua atau memilih beberapa alat tersebut sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *