tips membeli mobil

Berencana Beli Mobil? Pertimbangkan Dulu Beberapa Hal Berikut Ini!

Tak dapat dipungkiri seiring dengan perkembangan zaman yang ada, manusia kian hari kian berharap untuk mendapatkan segala kemudahan. Kemudahan itu pun mencakup semua lini kehidupan, termasuk juga dalam hal transportasi. Meski kini transportasi umum sudah mulai banyak diperbaharui, namun masyarakat tetap saja lebih suka menggunakan mobil pribadi untuk berkendara. Selain lebih privat, mobil pribadi juga memberikan kenyamanan lebih bagi para penggunanya.

Saat ini sudah banyak sekali merek mobil dari produsen dunia yang menyerbu pasaran Indonesia. memang semua mobil itu menggoda untuk dibawa pulang, namun ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal dulu sebelum memutuskan membeli mobil. Lalu pertimbangan apa saja yang penting sebelum beli mobil? Berikut ini ulasan singkatnya:

Baru vs bekas

Pertama pasti dari segi kondisi mobil lebih dulu. Anda ingin beli mobil baru atau bekas? Jika membeli mobil baru maka uang yang disiapkan pastilah lebih besar dibanding dengan mobil bekas. Namun juga tidak selalu demikian karena bergantung dari mobil apa yang ingin Anda beli juga.

Budget

Urusan beli membeli tentu tidak akan bisa dijauhkan dari urusan keuangan atau budget. Berapa budget yang Anda miliki? Jika memang belum mencukupi, maka Anda juga bisa memilih opsi untuk mengajukan kredit ke lembaga keuangan. Memang hutang tidak disarankan, namun jika Anda memang merasa mampu melunasinya, maka hutang sah-sah saja dilakukan.

Garansi

Garansi sebetulnya merupakan jaminan dari produsen ke pembeli jika produk yang dijualnya adalah bebas dari kecacatan. Garansi ini biasa berbentuk surat ke pembeli yang bisa disimpan untuk nantinya mengklaim ke produsen jika ada suatu hal yang kurang berkenan pada produk mobilnya. Memang garansi berlaku hanya pada mobil baru saja, namun Anda yang beli mobil bekas pun tetap bisa meminta garansi kepada penjualnya, misalnya 3 atau 6 bulan, atau bahkan lebih demi memastikan jika kondisi mobil memang baik.

Servis gratis

Untuk pertimbangan yang satu ini biasanya hanya didapat oleh mobil baru saja dengan mendapatkan gratis servis ke bengkel resmi produsen mobil terkait. Namun untuk pembeli mobil bekas pun bisa dapatkan servis gratis dengan dibayarkan penjual jika memang kondisi mobilnya kurang berkenan.

Asuransi mobil

Menjaga keamanan mobil tentu penting. Ada baiknya jika Anda mendaftarkan mobil Anda kepada asuransi sehingga bisa terjaga dari suatu hal yang tidak diinginkan nantinya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda pikirkan sebelum memutuskan membeli mobil tertentu. Pilihlah jenis mobil yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda baik dari segi pekerjaan, aktivitas dan hobi. Dengan begitu maka Anda akan bisa memanfaatkan mobil secara lebih optimal di keseharian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *