Beberapa Komponen yang Paling Penting Pada Sebuah Mobil

Sebuah mobil bisa bekerja atau berpenampilan secara maksimal jika semua komponennya mampu bekerja sama dengan baik. banyak sekali komponen yang perlu Anda ketahui dalam sebuah kendaraan roda empat tersebut. jadi sebagai pemilik Anda tidak hanya dituntut untuk dapat mengendarai dengan baik saja tetapi juga mampu mengenal semua komponen juga beberapa fungsi penting didalamnya. Bagusnya lagi jika Anda paham masalah apa saja yang bisa terjadi pada semua mobil serta perawatan setiap komponen yang tepat untuk meminimalisir kerusakan tersebut. Hampir semua komponen pada mobil itu penting, tetapi berikut ini ada beberapa yang paling penting dan wajib Anda ketahui yaitu:

  • Aki.

Tenaga listrik yang dihasilkan untuk menghidupkan mesin mobil itu berasal dari aki, tanpa arus listrik tersebut mobil tidak akan bis menyala. Makanya sering sekali dibagi tips perawatan aki mobil yang tepat karena mengingat begitu penting keberadaannya. Aki lah yang menjadi sumber segala operasi pada mobil.

  • Radiator.

Tidak berbeda dengan fungsi penting aki, karena tanpa adanya air radiator dalam sebuah kendaraan pasti akan memicu mesin yang panas dan over heat. Akibat buruk dari hal tersebut adalah adanya kebakaran pada mobil, makanya radiator berfungsi sebagai penstabil mesin pada mobil Anda.

  • Ban.

Roda atau ban pada kendaraan mempunyai fungsi yang sangat penting, item tersebut menghubungkan langsung antara mobil dengan medan. Terbuat dari bahan karet, semakin bagus kualitas dari ban itu sendiri pasti akan semakin baik juga berada di jalanan. Makanya sangat baik jika pemilik mobil selalu mengontrol bagian ban sebelum berpergian.

  • Rem.

Yang tidak kalah penting dari beberapa komponen sebelumnya adalah keberadaan rem, mempunyai fungsi sebagai pengontrol kecepatan pada mobil. Tidak sedikit kecelakaan yang terjadi di jalanan akibat rem yang blong. Makanya untuk menghindari hal tersebut Anda harus melakukan perawatan secara berkala dan tepat seperti penggantian kampas atau lainnya.

  • Transmisi.

Ada juga komponen transmisi yang berfungsi untuk meneruskan tenaga pada saat putaran mesin ke bagian poros propeller. Tidak jarang juga kendala muncul akibat masalah pada komponen satu ini makanya penting juga selalu melakukan pengecekan.

  • Alternator.

Selanjutnya ada alternator yang merupakan dinamo pembangkit tenaga pada saat mesin mobil sedang dihidupkan.

Diatas adalah beberapa item yang sering membuat mobil bermasalah dan terjadi gangguan, makanya sangat penting Anda ketahui dan pahami. Selain itu masih ada pula beberapa komponen pendukung lainnya yang berfungsi penting dalam kendaraan roda empat tersebut. Walaupun sebenarnya sekarang ini banyak bengkel praktis yang membantu berbagai masalah pada mobil tetapi akan lebih baiknya Anda mengetahui. Hal ini juga membuat Anda tidak akan terkena tipuan dari para pelaku bengkel nakal yang banyak beredar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *