Beberapa Cara Melakukan Perawatan Jok Mobil Sesuai Bahannya

Menjaga kebersihan interior mobil sama pentingnya dengan kebersihan bagian luar mobil. Bagian dalam mobil menjadi ruang yang secara langsung bersentuhan dengan tubuh Anda. Interior mobil yang kotor tentu mengundang kotoran serta debu untuk menetap di dalamnya. Selain tidak sehat, Anda pun pasti akan merasa tidak nyaman saat berkendara dengan mobil yang kotor. Begitu pentingnya kebersihan interior mobil membuat Anda wajib menjaganya tetap bersih. Tak membutuhkan cara yang rumit dan waktu yang lama, Anda bisa mendapatkan interior mobil yang tetap bersih.

Membersihkan bagian jok mobil harus diawali dengan mengenali bahan jok itu sendiri. Pasalnya setiap bahan membutuhkan cara pembersihan serta perawatan yang berbeda. Setidaknya ada beberapa perbedaan mendasar dalam perawatan jok mobil berbahan tertentu, seperti:

  • Bahan beludru

Tak hanya bisa diaplikasikan pada pakaian, beludru pun dapat Anda gunakan sebagai jok mobil. Bahan ini terkenal dengan kelembutan serta kenyamanannya saat bersentuhan dengan kulit. Beludru termasuk bahan yang sedikit sulit dibersihkan, sebab membutuhkan ketrampilan tersendiri. Memilih bahan beludru artinya Anda harus konsisten menjaga kebersihan interior mobil, termasuk menghindari ceceran tinta serta makanan yang diawetkan. Kedua hal tersebut dapat meninggalkan noda yang sulit dihilangkan dari bahan beludru. Sedangkan kotoran atau debu tipis dapat Anda bersihkan menggunakan vacuum cleaner. Daya hisap dari alat pembersih tersebut akan mengangkat debu dan kotoran yang menempel. Ketika membersihkannya pun Anda tak boleh membiarkan pintu mobil dalam keadaan tertutup, tetapi biarkan beberapa saat usai dibersihkan.

  • Bahan vinil

Vinil adalah salah satu bahan yang paling mudah dibersihkan dari bahan jok mobil lainnya. Tak butuh cairan pembersih khusus, Anda dapat menggunakan pembersih kaca. Untuk membersihkannya cukup semprotkan cairan pembersih kaca pada jok yang hendak dibersihkan. Gunakan lap kering untuk menggosok bagian yang kotor, lakukan bergantian antara satu noda dan yang lainnya. Hal ini untuk menghindari pembersih kaca menetes atau meleleh ke bagian lantai mobil. Jika tak ada pembersih kaca, Anda bisa menggunakan pasta berbahan baking soda. Campur baking soda dengan air hingga mengental, lalu oleskan pada noda di jok. Gunakan bantuan lap kering atau sikat gigi untuk celah sempit. Setelah itu bilas menggunakan air dan sabun yang lembut. Keringkan dengan benar menggunakan kain yang lembut sebelum benar-benar dikendarai.

  • Bahan tenun

Untuk membersihkan noda yang menempel pada jok berbahan tenun, Anda bisa membuat cairan pembersih sendiri di rumah. Manfaatkan cairan pembersih piring yang dicampur dengan air, lalu masukkan ke dalam semprotan. Semprotkan pada bagian yang bernoda dari jarak sekitar 15 atau 20 cm. Gosok menggunakan sikat berbulu lembut secara perlahan, baru dibilas menggunakan lap basah dan air hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *