mobil sport

Apa Bedanya Mobil Sport Atau Sportscar, Supercar, Muscle Car dan Hypercar? Simak Ulasannya Berikut!

Dulunya, ketika mendengar kata mobil sport atau sportscar tentu pikiran kita akan langsung tertuju pada sebuah mobil keren yang digunakan untuk balapan atau memiliki kecepatan yang luar biasa. Sebenarnya anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, namun juga tidak sepenuhnya benar sebab dala kelas mobil berkecepatan luar biasa, ada kastanya tersendiri. Bagi Anda yang belum tahu, di antara sportscar, supercar, muscle car dan hypercar itu ada bedanya masing-masing. Penasaran seperti apa? Langsung saja disimak:

  1. mobil sportSportscar

    Boleh dibilang di antara ketiga jenis mobil lainnya, sportscar ini kastanya paling rendah untuk urusan kecepatan dan harga. Namun ini bukan berarti bahwa sportscar ini tidak bisa membuat Anda terkagum-kagum. Hadirnya 2 seat penumpang menjadi satu fitur unggulan yang membuat mobil sportscar nampak lebih eksklusif. Untuk soal performa kecepatannya, sportscar masih cukup unggul dengan kecepatan mencapai 280 km per jam. Harganya pun bisa dibilang lebih terjangkau, berkisar antara 1-2 milyar atau di bawahnya. Beberapa jenis sportscar antara lain Porsche Cayman, Jaguar F Type, Lotus Elise, BMW Z4 dan masih banyak lagi.

  2. Supercar

    Mengendarai supercar ini memerlukan konsentrasi yang cukup tinggi karena saat dapur pacunya saja mencapai 322 km per jam. Supercar ini memiliki range harga antara 2 hingga 10 milyar, tergantung pada model, kualitas pabrikan, merek dan tentu saja tenaga dan performa yang dihasilkan. Bisa dibilang, supercar ini masuk kasta menengah dan bisa jadi pilihan Anda yang tidak cukup kaya untuk membeli hypercar. Biasanya supercar diproduksi dalam jumlah terbatas, beberapa tipe supercar di antaranya adalah Ferrari 488 GTB, Lamborghini Huracan dan Gallardo LP670-4, Nissan GTR, Aston Martin V12 dan lain-lain.

  3. Muscle Car

    Muscle car ini bisa dibilang sebagai mobil Amerika yang tangguh. Yang membuatnya istimewa adalah muscle car bisa dikendarai untuk sehari-hari maupun dipakai di lintasan balap. Kenapa? Karena muscle car ini sudah dibekali dengan mesin V8 yang berukuran besar dan terkenal bandel serta supercepat. Meski dari luar nampak seperti mobil biasa, namun performanya membuat terkagum-kagum, Beberapa contoh muscle car adalah tipe tertentu dari Chevrolet, Mustang, Ford dan sebagainya.

  4. Hypercar

    Masih dari pabrikan Eropa, ini dia kasta tertinggi di antara mobil-mobil yang dianggap sebagai orang awam sebagai “mobil sport” sebab kecepatan yang dihasilkan mobil ini luar biasa, mencapai 380 km per jam, itu saja untuk mobil McLaren F1 yang muncul di tahun 1993. Apalagi untuk keluaran terbarunya. Harga dan perawatan hypercar sangat mahal. Beberapa jenis hypercar antara lain Koenisegg, Bugatti, Lamborghini Aventador dan McLaren P1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *