4 Tips Saat Membeli Aki Mobil Kondisi Bekas Agar Tetap Mendapatkan yang Bagus

Memiliki kendaraan roda empat sendiri memang wajib sekali cermat dalam mengatur keuangan karena akan perlu biaya rutin dalam jumlah lumayan. Misalnya untuk biaya membeli bahan bakar agar mobil yang dimiliki tidak hanya terparkir di garasi rumah namun bisa digunakan kemana-mana. Ditambah lagi dengan biaya service maupun ganti sparepart secara teratur yang tentunya akan memerlukan biaya yang terbilang lumayan. Alasan biaya inilah banyak pemilik mobil selalu mengambil cara paling ekonomis dalam merawat mobil kesayangannya.

Salah satunya dengan memilih aki bekas ketika aki mobil yang lama sudah soak dan tidak memungkinkan lagi untuk dipakai. Melihat aki ini sudah bekas dan sudah pernah dipakai maka teliti kondisinya seperti apa, dan berikut cara mengeceknya agar tidak membeli aki soak:

  • Memastikan kondisi fisik aki masih bagus,

Kondisi fisik dari aki mobil bekas ini adalah point pertama yang perlu diperhatikan karena kalau ada retakan otomatis tidak akan berfungsi dengan maksimal. Maka pilih aki mobil bekas yang kondisinya masih mulus, agak butuk tidak masalah asalkan tidak ada yang pecah atau retak.

  • Memeriksa level air aki (khusus aki basah),

Khusus untuk pembelian aki mobil bekas jenis aki basah maka wajib sekali memeriksa kondisi air akinya, apakah masih banyak atau sudah kering. Kalau sudah kering baiknya dipikir kembali untuk mengadopsinya atau tidak karena kalau diisi lagi biasanya akan membuat plat pada aki bekas tersebut rusak. Maka pastikan air akinya masih dalam batas atau jumlah normal tidak terlalu jauh dari level standarnya, sehingga masih bekerja dengan baik.

  • Mengecek voltage aki bekas tersebut,

Aki bekas tetap tepat untuk dijadikan pilihan karena bisa mendapatkan harga ekonomis untuk kualitas yang tidak kalah baik dengan aki baru. Namun untuk mendapatkan aki bekas dengan performa seperti baru maka Anda pun baiknya memeriksa tegangan atau voltage aki tersebut. Pemeriksaan ini tentunya akan membutuhkan alat bantu, tidak harus membeli alat ukur tersebut melainkan bisa membawa akinya ke bengkel langganan. Pastikan tidak dibawah angka 10 sebab menunjukan akinya sudah soak.

  • Baiknya memilih merek yang dikenal kualitasnya bagus,

Meski bekas tentunya Anda berharap bisa mendapatkan aki mobil dengan kualitas yang baik, maka pilih merek terbaik. Usahakan mengambil aki dengan merek yang terkenal bagus karena kalau kualitasnya sudah diketahui dan teruji serta terbukti. Maka meskipun sudah bekas dijamin kualitas yang baik ini masih tetap melekat lebih-lebih jika pemilik sebelumnya sudah memberikan perawatan secara maksimal. Maka usahakan untuk memilih aki mobil bekas yang berasal dari merek terkemuka, supaya kualitasnya masih bisa diandalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *