4 Pertimbangan Penting Ini Saat Membeli Ban Mobil Baru

Kendaraan bisa berjalan karena seperangkat komponen yang bekerja secara satu kesatuan, mulai dari bagian mesin, body hingga tak kalah penting adalah ban. Pertemuan pertama kali bagian yang satu ini mulai menciptakan banyak sekali jenis kendaraan mulai dari sepeda hingga mobil. Hingga saat ini tak ada jenis kendaraan darat yang bisa dijalankan tanpa menggunakan ban tersebut, roda yang fungsinya adalah memberikan gerak pada kendaraan, seperti halnya sebuah kaki manusia.

Itulah mengapa jika bagian tersebut mengalami masalah sudah pasti tidak akan nyaman digunakan dalam berkendara. Mulai dari jumlah tekanan angin yang ada di dalamnya, hingga yang tak kalah penting adalah kualitasnya, masih layak atau tidak untuk digunakan dalam berkendara. Karena ada kalanya bahwa roda kendaraan tersebut kian lama kian menipis bahkan bisa sampai robek. Hal ini tentunya akan memicu terjadinya masalah. Tidak akan bisa digunakan senyaman dulu untuk aktivitas dalam berkendara bukan.

Jadi harus menggantinya dengan yang baru, memilih ban untuk mobil Anda juga jangan sembarangan, perhatikan beberapa hal ini untuk dapatkan kualitas terbaik, diantaranya adalah:

  1. Ukuran, banyak orang yang melakukan modifikasi dengan menggonta-ganti ukuran dari ban mobil mereka, padahal dari pasaran atau pabriknya sendiri sudah dikeluarkan produk ban yang paling ideal, bukan tanpa alasan, melainkan ukuran tersebut ditujukan untuk kebutuhan daya topang yang maksimal dan memungkinkan kenyamanan, sehingga pastikan untuk membeli lagi yang berukuran sama.
  2. Pola tapak, pola atau alur gambar yang ada di permukaan ban ini fungsi bukan hanya mempercantik, melainkan untuk menunjukkan daya cengkramnya terhadap medan yang dilalui, itulah mengapa beda musim biasanya pengguna mobil juga sering kali gonta-ganti ban mobil mereka, untuk menyesuaikan dengan keamanan dan juga kenyamanan dalam menggunakannya. Apalagi tidak semua pola tapak akan menjamin kenyamanan dalam berkendara.
  3. Lebar dari ban tersebut, selain dari segi ukuran diameternya saja, lebar juga menjadi pertimbangan yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan, biasanya lebar sudut-sudut ban ini akan sangat mempengaruhi daya cengkramnya saat digunakan, ketika lebar yang dipilih tepat maka akan semakin nyaman untuk digunakan.
  4. Merk, bagian yang juga patut mendapatkan pertimbangan dari Anda adalah melihat dari segi merk, semakin bagus merknya pasti akan mempengaruhi tawaran harga, namun jangan khawatir karena hal tersebut akan sebanding dengan kualitas yang diberikan, ban-ban merk terbaik bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama, tanpa harus sering gonta-ganti.

Penting sekali untuk mempertimbangkan 4 hal sebelum membeli sebuah ban mobil, hendaknya juga selalu membawa satu cadangan dalam bagasi ketika akan melakukan perjalanan jarak jauh, untuk jaga-jaga jika nantinya ban akan bermasalah di jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *