4 Hal Wajib Diperhatikan Saat Ingin Membeli Ban Mobil

Ban mobil tentu sudah diketahui menjadi komponen yang penting untuk dipilih dengan seksama sekaligus perlu dirawat dengan baik. Sebab melalui ban mobil yang bagus maka nantinya bisa menikmati perjalanan tanpa merasa tidak tenang meski melewati medan yang kurang menguntungkan. Pilihan ban mobil di pasaran cukup banyak dan perbedaan ini tidak hanya dari ukuran maupun merek namun juga detail yang lainnya. Maka pada saat berencana membeli ban baru usahakan lebih teliti, jangan asal beli saja. Saat membeli ban mobil tentunya ada sekian hal yang menjadi perhatian untuk mencegah kemungkinan salah pilih. Adapun hal yang perlu diperhatikan ketika membeli ban mobil adalah:

  • Diameter atau ukuran ban,

Diameter ban mobil yang dibeli tentunya wajib disesuaikan dengan kebutuhan dari mobil yang dimiliki. Usahakan untuk memilih dengan teliti supaya ukuran ini tidak keliru atau bawa mobil ke tempat dimana Anda membeli ban tersebut agar ukuran dan diameternya pas. Meskipun secara umum memilih ban yang permukaannya lebih lebar akan meningkatkan kemampuan akselerasi mobil, namun perlu dipertimbangkan dengan kebutuhan mobilnya sendiri.

  • Tingkat ketebalan ban,

Ban mobil di pasaran tidak hanya perlu diperhatikan ukurannya saja saat hendak dibeli melainkan juga memperhatikan tingkat ketebalannya. Semakin tebal ban mobilnya maka semakin awet dan semakin mendukung melewati kondisi jalan yang kurang bagus sekalipun. Meskipun kalau dilihat dari segi tampilan memang masih kalah dengan ban yang lebih tipis. Akan tetapi kalau memilih ban yang tipis maka perlu berhati-hati saat melewati jalanan yang kurang bagus, sebab rentan rusak dan juga bocor.

  • Pola tapak pada permukaan ban,

Membeli ban tentu kurang pas kalau Anda tidak memperhatikan pola tapaknya, sebab semakin padat dan dalam maka semakin baik. Pola tapak ini memberikan kepastian kalau ban tersebut mampu mencengkeram jalan dengan maksimal. Inilah alasan mengapa ketika pola tapak sudah mulai menipis atau pudar maka pemiliknya akan membeli lagi yang baru. Usahakan untuk menghindari ban vulkanisir karena biasanya memiliki pola tapak yang sudah mulai pudar, dan polanya sendiri kurang berkualitas sehingga tidak terlalu awet.

  • Kode kecepatan yang tercetak pada ban,

Semua ban yang ada di pasaran sebenarnya oleh pabrik yang membuatnya sudah dilengkapi dengan beberapa kode khas. Salah satunya adalah kode kecepatan dimana ada sederetan angka dan di ujung belakang diberi huruf H, sehingga menunjukan kecepatan maksimal untuk mobil tersebut dipacu. Wajib sekali untuk memperhatikan kode kecepatan ini sehingga bisa memilih ban yang memang mendukung aktifitas Anda. Sebab ban mobil untuk keseharian dengan yang dipakai untuk balapan tentunya berbeda, sehingga awet dan meningkatkan kenyamanan saat memacu mobil tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *