4 Faktor yang Membuat Harga Mobil Bekas Anjlok

Anda kalanya Anda mungkin berpikiran untuk membeli kendaraan baru dan menjual kendaraan yang sudah lama sebagai biaya tambah, karena sudah bosan atau ingin mengikuti trend yang lebih supaya tidak ketinggalan zaman. Mengingat dalam perkembangannya mobil ini tak ubahnya seperti sebuah item fashion yang selalu merilis model terbaru, tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen sendiri yang senantiasa berubah-ubah. Hanya saja sebanding dengan hal tersebut maka harganya juga senantiasa mengalami kenaikan.

Sehingga jika ingin mengikuti trend kendaraan maka pastikan untuk mempersiapkan uang yang nilainya tidak sedikit. Memang bisa dikatakan bahwa sebenarnya kendaraan bukan sebuah pilihan instrumen investasi yang tepat, mengingat harganya tidak bisa naik, melainkan justru anjlok jika dijual kembali. Hanya saja jika melihat tingkat penurunan harga dari masing-masing kendaraan ini berbeda, ada yang nilai turunnya tipis atau masih dalam batas toleransi, namun juga ada yang benar-benar drastis.  Tingkat penurunan harga tersebut juga dipengaruhi oleh beberapa faktor ini, diantaranya adalah:

  1. Usia kendaraan, kendaraan keluaran tahun 2000 dan juga tahun 2015 ketika dijual lagi ke pasaran, harganya cenderung masih tinggi yang keluaran tahun 2015, karena faktanya umur masih menjadi tolak ukur nilainya, kebanyakan orang jarang membeli kendaraan yang usianya sudah tua, sehingga harga akan jatuh cukup besar di pasaran.
  2. Jarak tempuh, setelah melihat dari umur, maka tak kalah penting untuk mempengaruhi naik turunnya harga ini adalah dari segi jarak tempuh kendaraan tersebut. Faktanya ketika sudah melalui test drive namun jarak tempuh yang didapatkan begitu kurang dari produk aslinya, secara otomatis membuat tawaran harga juga kian turun.
  3. Tampilan atau kondisi fisik mobil, bagaimanapun tampilan memang menjadi hal utama yang akan dilihat oleh konsumen ketika membeli sebuah kendaraan, ketika dilihat dari tampilan luarnya saja sudah tidak menarik, banyak bagian yang cacat, hingga catnya yang sudah mulai mengelupas, maka tidak memungkiri jika seandainya nilai tawarnya juga rendah, untuk itu jika ingin menjual kembali disarankan untuk perbaiki penampilannya dulu.
  4. Surat tidak lengkap. Riskan memang membeli kendaraan yang tidak lengkap suratnya, karena bisa dituduh sebagai kendaraan curian, urusannya tentu panjang karena berhubungan dengan pihak yang berwajib. Itulah mengapa jika ada salah satu dokumen atau surat hilang sebaiknya segera diurus. Karena meskipun mobil tersebut keluaran baru dan dalam kondisi yang masih bagus, namun jika tidak ada suratnya otomatis tawaran harga juga akan jeblok.

Perhatikan 4 hal sebelum mematok harga mobil bekas Anda di pasaran, karena jika ditawarkan terlalu tinggi namun tidak sebanding dengan kondisinya sudah pasti tidak akan ada yang mau membeli. Sehingga harus cerdas sebagai penjual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *