4 Alasan yang Membuat Kegiatan Memanaskan Mesin Mobil Wajib Dilakukan

Memanaskan mesin mobil tentu sudah menjadi rutinitas sehari-hari sehingga menjadi kebiasaan yang tidak akan terlewatkan. Kegiatan ini ternyata tidak hanya sebatas rutinitas saja melainkan kebutuhan wajib apalagi termasuk ke dalam kegiatan merawat mesin mobil. Entah mobil Anda adalah keluaran terbaru atau mobil retro dijamin perawatan yang dianjurkan selalu tidak melewatkan memanaskan mesin mobil. Tentunya Anda bertanya-tanya mengapa kegiatan yang seolah sepele ini perlu dilakukan? Kalau iya, tentu perlu bertanya lebih detail kepada ahlinya entah mekanik atau pakar otomotif.

Kalau masih kesulitan mendapatkan jawaban yang tepat, maka berikut beberapa alasan yang membuat kegiatan memanaskan mobil menjadi wajib untuk dilakukan:

  • Mencegah oli mengendap dan membuat mesin dingin,

Memanaskan mesin mobil biasanya dilakukan antara 5 sampai 10 menit dan dilakukan setiap hari sebelum mobil diajak bepergian. Meski termasuk kegiatan sederhana dan siapa saja bisa melakukannya ternyata tidak sedikit orang melalaikan kewajiban ini. Padahal tujuannya adalah untuk mencegah oli membentuk endapan, apabila sudah terlanjur terbentuk biasanya mesin akan dingin sehingga sulit distarter dan mudah mogok.

  • Memastikan mesin tidak mengalami korosi,

Ketika mesin dipanaskan secara teratur, yakni setiap hari maka akan memastikan jika oli di dalamnya akan bekerja dengan optimal. Oli ini nantinya akan melumasi semua komponen mesin terutama yang aktif bergerak sehingga oli selalu cair bukannya mengendap. Proses melumasi ini ternyata juga efektif mencegah terjadinya korosi yang rentan dialami oleh mesin mobil yang dibiarkan teronggok begitu saja. Kalau tidak mau mobil Anda karatan dan tidak bisa dijalankan lagi maka panaskan mesinnya setiap hari.

  • Memastikan sistem kelistrikan masih normal,

Menstater mobil selama beberapa menit meskipun mobil tersebut tidak akan keluar dari garasi adalah rutinitas wajib dan tidak boleh terlupakan. Terlebih jika dilakukan pada mobil tua maka hukumnya menjadi sangat wajib jika tidak mau mobil tersebut mogok selamanya di pojokan garasi. Proses memanaskan mesin mobil juga punya tujuan untuk mengecek sistem kelistrikan mobil itu sendiri. Sehingga ketika susah distarter baiknya segera dibawa ke bengkel sebab menjadi pertanda ada komponen yang rusak.

  • Melindungi aki agar tidak tekor,

Sistem kelistrikan akan berjalan dengan baik tatkala mesin mobil dipanaskan secara rutin, sehingga sumber listrik yakni aki pun dalam kondisi prima. Beberapa orang baru menyadari jika aki mobilnya menjadi soak lantaran tidak pernah dipanaskan secara rutin. Padahal sembari Anda menyiapkan diri ke kantor sudah bisa menyalakan kunci mobil, dan ketika sudah siap baru berangkat naik mobil tersebut. Tentunya bukan kegiatan yang menyita waktu dan tenaga, sehingga jangan sampai terlupa agar tidak perlu belanja aki baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *